Zainudin Hasan,Masalah DD Talang Jawa Sudah di limpahkan ke kejaksaan

0
208
( foto bupati lampung selatan)

Lampung Selatan, (DLO) – Seringkali mengabaikan teguran Bupati Lampung Selatan mengenai pengelolaan Dana Desa, Zainudin Hasan serahkan kepala Desa Talang Jawa kecamatan merbau mataram yang bandel kejalur hukum.

Ketegasan itu di ungkapkan Zainudin Hasan disela sosialisasi Pengamanan dan Pengawasan Dana Desa dan Alokasi DD TA 2017, di Aula Rajabasa Pemkab Lampung Selatan, Kamis (09/11/17)

Zainudin Hasan mengungkapkan, dugaan penyimpangan dana desa Talang Jawa tersebut telah di tindak lanjuti dan dalam waktu dekat, dilakukan penyidikan oleh Kejaksaan setempat.

“Masalah Talang Jawa sudah saya limpahkan ke kejaksaan, mungkin besok sudah mulai disidik,”katanya.

Dilanjutkannya, langkah tegas ini terpaksa diambil, dikarenakan pihak desa sudah berkali-kali diberi teguran baik lisan mau pun tulisan, namun tetap tidak mengindahkan, untuk tertib dalam pengelolaan dana desa.

“Masalah dugaan penyimpangan dana desa, tidak menutup kemungkinan masih ada terjadi di beberapa desa lain dan akan segera di limpahkan masalahnya ke ranah hukum,”ujarnya.

Di ketahui sebelumnya, Kepala Desa Talang Jawa Haryono diduga telah melarikan DD tahap I sebesar Rp479.841.906, (60%) dan ADD sebesar Rp248 Juta.

Dari total jumlah dana yang cair, Haryono baru mengeluarkan dana Sebesar Rp189 Juta, untuk pembayaran Siltrap aparat desa. Pasca pencairan tahap I, Haryono menghilang, diduga telah melarikan diri membawa kabur uang negara yang diperuntukan bagi pembangunan desa. (Wan)