Yusuf Kohar Ajak Mahasiswa Cinta Tanah Air

0
166

BANDAR LAMPUNG-Komandan Resimen Mahasiswa Raden Intan periode 2015-2016, Yusuf Kohar, SE., MM mengajak seluruh mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya membangkitkan jiwa nasionalisme, cinta Tanah Air, dan bela negara.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bandar Lampung ini saat menjadi pemateri bertema Menggali potensi mahasiswa sebagai bagian dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) dalam Orientasi Masa Studi (Ories) Darmajaya, Selasa (6/9).

“Tanggung jawab untuk melindungi keselamatan segenap bangsa dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari setiap ancaman, tak hanya menjadi tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tetapi menjadi kewajiban seluruh rakyat Indonesia termasuk mahasiswa,” ujarnya.

Yusuf Kohar melanjutkan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan bela negara, mahasiswa harus mengenal lebih dahulu apa yang ada di sekitarnya. Dimulai dengan mencintai diri sendiri dengan belajar sungguh-sungguh, meraih prestasi, dan menjauhi narkoba. Lalu cintai lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga kebersihan.

“Kemudian cintai daerah, kita lahir dan besar di Provinsi Lampung karena itu kita harus mencintai daerah ini dengan ikut melestarikan alam dan adat budaya tradisionalnya. Dengan begitu akan tumbuh kesadaran diri bahwa kita adalah bagian dari NKRI yang harus memiliki rasa cinta Tanah Air dan bela negara,” tegasnya.

Ories yang berlangsung mulai 6-9 September 2016 ini diikuti 1.512 mahasiswa baru Darmajaya. Peserta Ories terdiri dari program studi Teknik Informatika (321), Sistem Informasi (278), Sistem Komputer (47), Manajemen (504), S-1 Akuntansi (249), D-3 Akuntansi (41), Manajemen Informatika (38), dan Teknik Komputer (34).

Pelaksanaan Ories dibuka Pejabat Rektor, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT dan dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan Alfian Husin, Ibu Dian Septarina, SE, Pengawas Yayasan Alfian Husin, Ibu Dr. Lyza M.R. Alfian, Sekretaris Umum Yayasan Alfian Husin, Milly Desfiandi., SH, Wakil I Sekretaris Yayasan, Rindu Amelia Lestari, SE., MM, Wakil II Sekretaris Yayasan, Santi Ulfianti, dan Wakil Rektor I, II dan III Darmajaya.

Pada kesempatan itu, Darmajaya juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik dan nonakademik serta dilakukan pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Darmajaya (IKA DJ) periode 2016-2020.

“Kami ucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru dan terima kasih atas kepercayaan yang telah menjadikan Darmajaya sebagai pilihan untuk menimba ilmu di tingkat perguruan tinggi,” ujarnya.

Abdul Aziz melanjutkan Ories Darmajaya dilaksanakan dengan atmosfer akademik yang baik tanpa kekerasan, diskriminasi, dan perpeloncoan. Ories diisi dengan pengenalan, workshop, dan diskusi bersama pembicara andal yang dapat membuka wawasan mahasiswa baru.

Pada hari kedua Ories, Rabu (7/9/2016), sesuai dengan tagline Be Bold, Vibrant, Be Technopreneur, Darmajaya mengajak mahasiswa baru untuk menumbuhkan jiwa technopreneur dengan menghadirkan entrepreneur muda asal Yogyakarta, Nova Suparmanto yang akan berbagi kiat-kiatnya berwirausaha melalui materinya, yakni memulai menjadi technopreneur saat kuliah.

Kemudian, Kamis (8/9), rencananya Wakil Kepala Polisi Daerah Lampung, Komisaris Besar Polisi, Krishna Murti, S.IK., MSi menyampaikan materi tentang kesiapan Polri dalam melaksanakan cyber patrol serta pencegahan dan penanggulangan cyber crime. Materi ini membuka wawasan mahasiswa tentang kejahatan informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Dilanjutkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung akan menyampaikan tentang generasi berencana remaja berprestasi kepada mahasiswa. Pelaksanaan Ories berakhir pada 9 September 2016, ditutup dengan pembagian hadiah kelompok, dan beasiswa bagi mahasiswa baru yang beruntung.

“Mahasiswa juga dikenalkan dengan dunia kampus meliputi fasilitas kelas, beasiswa, program internasional, jajaran jurusan, administrasi kuliah, dan lainnya. Tak ketinggalan tentang beragam organisasi kemahasiswaan Darmajaya yang dapat mewadahi minat bakat dan potensi mahasiswa di bidang nonakademik. Semoga Ories 2016 dapat membentuk mahasiswa yang berkarakter, beriman, kreatif, dan mandiri,” ujarnya.(FS)