Workshop Pengembangan BUM Pekon Kabupaten Pringsewu

0
34

PRINGSEWU (Duta Lampung Online)- Sebanyak 126 kepala pekon dan 63 pengelola Badan Usaha Milik Pekon (BUM Pekon), 9 camat, dan 9 kasi PMD kecamatan se Kabupaten Pringsewu mengikuti workshop pengembangan BUM Pekon yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu di Aula Taman Wisata Kolam Renang Paris Pajaresuk, Pringsewu, Jumat (2/8).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, S.T., M.M. ini juga dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., serta sejumlah kepala OPD, mengangkat tema ‘Upaya untuk memperkuat perekonomian desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pringsewu yang Berdaya saing, harmonis dan sejahtera’.

Narasumber yang dihadirkan diantaranya adalah Prof.Dr.Abdul Halim, M.B.A., Akt. (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada), Dr.Nurdiono, S.E , M.M., Akt., C.A., C.P.A. (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung), serta Yani Setiadiningrat (Carik/Sekretaris Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sekaligus Komisaris BUMDes Desa Ponggok).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Andi Wijaya, S.T., M.M. membacakan sambutan tertulis Bupati Pringsewu H.Sujadi mengatakan Kabupaten Pringsewu yang memiliki 126 desa atau  pekon,  yang juga sudah membentuk  BUM Pekon, tetapi diantaranya  masih banyak yang masih bingung bagaimana cara mengembangkan BUM Pekonnya.

“Kendala utamanya adalah masih minimnya pemahaman mengenai BUM Pekon. Bahkan kepala pekon saja masih banyak yang tidak yakin jika BUM Pekon bisa menciptakan manfaat ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warganya,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia sangat mendukung terselenggaranya workshop ini, dan meminta  para narasumber agar dapat memberikan  pengetahuan yang seluas–luasnya kepada para peserta mengenai bagaimana  strategi membangun BUM Pekon yang baik dan tepat, sehingga keberadaanya betul-betul dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat. (*/ anton hapsara/hyn/Yustam)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here