Winarti,Sidak Disdukcapil dan RSUD Menggala

0
73
( foto Ist)

TUBA (DLO)- Bupati Tulangbawang, tak lantas membuat Winarti larut dalam euforia. Buktinya, di hari pertama kerjanya kemarin (21/12), ia langsung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke instansi pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan RSUD Menggala.

Sidak tersebut dilakukannya sebagai tindak lanjut dari banyaknya laporan masyarakat terkait kurang maksimalnya pelayanan dua instansi itu. Didampingi Ketua DPRD Tulangbawang Sopi`i dan beberapa pejabat terkait, Winarti mendatangi kantor Disdukcapil di kompleks perkantoran Pemkab Tuba.

Pada saat sidak, Winarti mendapati Kadisdukcapil Pirhadi tidak ada di tempat lantaran sedang izin menghadiri takziah saudaranya yang meninggal di kutip dari radar lampung.co . Dia juga mendapati dua pegawai honorer tidak masuk kerja saat itu.

Satu persatu ruangan di Disdukcapil Tuba dimasuki Winarti untuk melihat kondisi dan kesiapan saat melayani masyarakat. Mulai dari ruang perekaman, server hingga ruangan pejabat terkait. Dia juga menyempatkan diri berdialog dengan warga yang tengah mengurus keperluan, mulai dari E-KTP hingga mengurus kartu keluarga dan sejenisnya.

Usai sidak, kepada wartawan Winarti mengeluhkan tidak adanya pengeras suara yang dipasang untuk memanggil antrean warga. ”Saya pikir itu paling penting. Karena rata-rata setiap hari kantor ini di datangi 100 orang lebih untuk perekaman,” ujarnya.

Winarti juga mengeluhkan keberadaan alat perekam E-KTP yang hanya satu unit yang aktif. ”Bukan kurang lagi, tetapi tidak efektif. Minimal harus ada tiga,” sesalnya.

Terkait pelayanan, secara umum dia mendapati beberapa kendala yang akan dirapatkan dengan Disdukcapil. ”Kita akan lihat, seminggu ke depan harus sudah ada perubahan.” tegasnya.

Setelah Disdukcapil, Winarti melanjutkan sidak ke RSUD Menggala. Dia mengatakan, ada beberapa yang menjadi catatan adalah tentang ketersediaan obat, kehadiran dokter spesialis serta RS yang mesti harus merujuk lagi pasien ke luar Tulangbawang. (Ded)