Warga Miskin di Lampung Barat Mulai di Data

0
87
( foto ilustrasi)

Lampung Barat(DLO)- Verifikasi dan Validasi warga miskin atau penerima bantuan beras keluarga sejahtera (rastra) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah rampung. Dan saat ini mulai dilakukan entry data oleh petugas, untuk selanjutnya dilaporkan kepada pemerintah pusat.

Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial, Ruspel Gultom, mendampingi Kepala Dinas Sosial Gison Sihite mengatakan, untuk kegiatan di lapangan oleh para pendamping Program keluarga Harapan (PKH) berupa verifikasi dan validasi terhadap data warga miskin sebanyak 20.791 kepala keluarga (KK) telah rampung.

”Kalau di lapangan sudah selesai, sehingga mereka mulai melakukan entry data, setelah semuanya terkumpul akan dilaporkan ke pemerintah pusat,” ungkap Ruspel, Rabu (8/11).
Dijelaskannya, pada saat petugas turun kelapangan itu membawa form yang harus diisi oleh warga, seperti nama lengkap, alamat, nomor induk kependudukan (NIK), nama ibu kandung, serta lainnya.
“Sehingga data yang dihasilkan benar-benar valid. Dan juga perlu diketahui, kami hanya melaporkan data saja ke pusat, dan yang menentukan masih layak atau tidaknya masuk dalam kategori warga miskin itu adalah pemerintah pusat,” katanya.
Slain melakukan verifikasi dan validasi terhadap data warga miskin yang ada, petugas juga melakukan pendataan warga miskin lainnya yang akan dikirim ke pusat sebagai data tambahan.

”Jadi kemungkinan besar selain ada pengurangan jumlah warga miskin dari total 20.791 KK yang ada, masih ada kemungkinan penambahan karena petugas juga melakukan pendataan di lapangan yang juga akan kami laporkan ke pusat,” imbuhnya.
Sekadar diketahui, dari jumlah warga miskin yang ada di terbagi atas Kecamatan Airhitam 686 KPM, Kecamatan Balikbukit 2.047 KPM, Kecamatan Bandarnegeri Suoh 3.031 KPM, Kecamatan Batubrak 1.119 KPM, Kecamatan Batuketulis 1.567 KPM.

Lalu, Kecamatan Belalau 1.387 KPM, serta Kecamatan Kebuntebu 1.174 KPM. Kemudian, Kecamatan Seminunglombok 852 KPM, Kecamatan Pagardewa 977 KPM, Kecamatan Sekincau 1.259 KPM, Kecamatan Sukau 2.250 KPM, Kecamatan Sumberjaya sebanyak 1.232 KPM, Kecamatan Suoh 1.178 KPM, serta Kecamatan Waytenong 1.007 KPM (Rls)