Warga Argomulyo Lampung Barat Rasakan Geliat Pembangunan

0
124
Bupati Lampung Barat, Muhklis (Foto Istimewa)

Liwa, Lampung Barat (Duta Lampung Online) – Warga Pekon Argomulyo, Dusun I, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat menyatakan geliat pembangunan selama ini telah dirasakan oleh masyarakat setempat dan berharap ke depan dapat lebih maju lagi.

Menurut sejumlah tokoh setempat, Minggu, selama kepemimpinan Bupati Mukhlis Basri, jalan-jalan di wilayah tersebut sudah sangat baik, dan itu dibuktikan dengan mobil-mobil saat ini sudah bisa melintas dan masuk ke wilayah pekon (kampung) tersebut.

Pernyataan tokoh masyarakat tersebut, antara lain disampaikan secara langsung di hadapan calon wakil bupati nomor urut satu Mad Hasnurin yang berpasangan dengan calon bupati Parosil Mabsus, saat menyambangi sejumlah tokoh di wilayah Kecamatan Batu Ketulis.

Harno, tokoh masyarakt Pekon Argomulyo, Dusun I saat disambangi Mad Hasnurin di kediamannya menegaskan bahwa isu-isu yang dilemparkan pihak calon pasangan nomor urut dua terkait tidak adanya pembangunan di wilayah tersebut sama sekali tidak benar.

Pasalnya, lanjut Harno, selama ini pembangunan di wilayahnya sudah sangat baik, bahkan kondisi jalan-jalan di pekon tersebut saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Isu soal tidak ada pembangunan di sini, saya tegaskan tidak benar. Faktanya saat ini kondisi jalan-jalan di wilayah kami sudah sangat bagus, dan kendaraan roda empat sudah bisa melintas dan masuk ke dini,” ujar Harno pula, dilansir dari ANTARA Lampung.

Harno juga menegaskan, dirinya akan memberikan bentuk nyata untuk kemenangan pasangan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin pada Pilkada 2017 mendatang.

“Saya dan masyarakat di wilayah Argo Mulyo, khususnya di Dusun I, sudah banyak merasakan kemajuan pembangunan selama kepemimpinan Pak Mukhlis Basri. Karenanya kami di Argomulyo berkomitmen untuk berjuang dan memenangkan pasangan nomor urut dua, agar program-program pembangunan di wilayah ini bisa terus dilanjutkan,” kata Harno lagi.

Menanggapi pernyataan tokoh masyarakat tersebut, Mad Hasnurin selain menyampaikan program-program pembangunan yang akan diusung bersama pasanganya Parosil Mabsus, jika mendapat amanah untuk memimpin Lampung Barat.

Dia menegaskan, pasangan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin selain akan terus meningkatkan seluruh pembangunan di wilayah Lampung Barat, program yang sudah dinikmati oleh masyarakat akan terus dipertahankan dan dilanjutkan lagi.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di Lampung Barat, dan juga berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan yang sudah dirasakan oleh masyarakat,” kata Mad Hasnurin.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum Lampung Barat, di wilayah Pekon Argo Mulyo sejumlah pembangunan yang telah dilaksanakan tahun 2014 anggaran yang dikucurkan Pemkab Lampung Barat sebesar Rp1,8 miliar untuk pembangunan dua ruas jalan beton, masing-masing di Argomulyo Rp956.991.000 dan Serengit-Argomulyo Rp906.788.000.

Kemudian, pada tahun anggaran 2015 alokasi anggaran untuk pembangunan jalan beton di Argomulyo sebesar Rp1.917.784.000. Tahun anggaran 2016 total anggaran pembangunan jalan sebesar Rp4.408.796.000 untuk dua ruas jalan Argomulyo sebesar Rp1.151.158.000 dan ruas Serengit-Argomulyo sebesar Rp3.257.638.000.

Lalu, pada tahun 2017, Pemkab Lampung Barat kembali menganggarkan sebesar Rp5.152.800.000 untuk dua ruas jalan masing- masing ruas Argomulyo sebesar Rp2.260.000.000 dan ruas jalan Serengit-Argomulyo sebesar Rp2.892.800.000.

Fisik pembangunan dari tahun 2014 hingga anggaran tahun 2017, berupa pembangunan jalan beton. Total keseluruhan anggaran untuk pembangunan jalan di wilayah Argomulyo hingga tahun 2017 mencapai Rp13,3 miliar.

Pilkada Lampung Barat 2017 diikuti dua pasangan calon, yaitu nomor urut 1 H Parosil Mabsus SPd dan Drs H Mad Hasnurin yang diusung oleh PDI Perjuangan (13 kursi), PAN (2 kursi), dan Partai Golkar (3 kursi), sehingga total didukung 18 kursi (51,43 persen jumlah kursi anggota DPRD).

Kemudian, pasangan calon nomor urut 2 yaitu Dr H Edy Irawan Arief SE MEc dan H Ulul Azmi Soltiansa SH diusung oleh Partai NasDem (2 kursi), PKS (2 kursi), PPP (2 kursi), Gerindra (2 kursi), PKB (3 kursi), dan Partai Demokrat (4 kursi), sehingga total dukungan 15 kursi (42,86 persen jumlah kursi DPRD).

Berkaitan pencalonannya sebagai Bupati Lampung Barat, Edi Irawan Arief mengaku keinginannya maju itu untuk merealisasikan pesan ayah kandungnya tokoh NU Lampung KH Arief Makhya yang meminta agar salah satu putranya dapat memimpin daerah yang menjadi tanah kelahirannya.

“Saya maju ini inspirasi dari beliau, itulah yang memotivasi saya kenapa menyatakan siap maju di Lampung Barat,” kata Edi yang juga Direktur Pascasarjana Universitas Saburai Bandarlampung.

Edi menegaskan, Lampung Barat saat ini membutuhkan nuansa baru kepemimpinan. Menurutnya, Bupati saat ini Mukhlis Basri sudah cukup 15 tahun berkuasa mulai dari satu periode menjabat wakil bupati dan dua periode bupati, sehingga saatnya warga Lampung Barat menentukan pilihan kepada dirinya yang berpasangan dengan calon wakil bupati Ulul Azmi Sotiansa itu.

Pilkada serentak 2017 di Provinsi Lampung berlangsung pada lima daerah. Selain digelar di Kabupaten Lampung Barat, juga dilaksanakan pada empat kabupaten lainnya, yaitu Pringsewu, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.(*)