Wabup Tanggamus Ikuti Rakornas TPAKD Dengan Presiden

0
9

Kota Agung, (Duta Lampung Online)- Wakil Bupati Tanggamus mengikuti kegiatan Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), yang digelar melalui video conference di Ruang Rapat Bupati Tanggamus, Kamis (10/12/2020).

Turut hadir Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Kepala Dinas Koperindag Heri Heryadi, Kepala BPKAD Suaidi dan Kepala BKPSDM Aan Derajat.

Kegiatan Rakornas dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden Joko Widodo mengatakan peningkatan akses keuangan ini penting dan sangat penting dalam meningkatkan dan mendorong pembangunan pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong kesejahteraan dan taraf hidup orang banyak melalui inklusi keuangan.

Untuk itu Presiden meminta TPAKD melakukan beberapa langkah, yaitu ;
1. TPAKD lebih agresif dalam meningkatkan literasi keuangan, pengetahuan, minat, kepercayaan terhadap industri keuangan.
2. TPAKD harus aktif dan terlibat untuk mendorong pendirian kelompok kelompok usaha, kelompok kelompok tani, terutama koperasi.
3. Penguatan insfratruktur percepatan akses keuangan.
4. TPAKD harus meningkatkan inklusi keuangan di daerah daerah yang masih pasif, terutama untuk rakyat kecil dan UMKM.

“Harapan Saya, yang disampaikan diatas agar meningkatkan UMKM secara kerja keras dengan cara cara yg inovatif, bukan rutinitas seperti biasanya. Apalagi disaat menghadapi perekonomian akibat pandemi Covid 19, kita harus melakukan langkah langkah yang luar biasa. Harus cepat, inovatif, agar perekomonian segera pulih dan bahkan mampu bangkit lebih cepat dibandingkan negara negara lain,” harap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga Peluncuran Roadmap TPAKD 2021-2025 yang dilakukan oleh Anggota Bidang Edukasi dan Bidang Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan RI, Tirta Sugara.

Usai pelaksanaan rapat, Wabup Hi. AM. Syafi’i mengatakan bahwa Pemkab Tanggamus akan mengikuti semua yang menjadi kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan percepatan akses keuangan daerah di Kabupaten Tanggamus.

“Tentu kita akan mengikuti semua  instruksi Bapak Presiden tadi. Tujuannya agar terjadi sinergi antara Pusat dan Daerah dalam upaya peningkatan akses keuangan ini, yang nantinya akan meningkatkan dan mendorong pembangunan, pertumbuhan ekonomi daerah, dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Wabup. (Rilis/Sp)