Wabup Lamteng Jadi Inspektur Upacara HSN 2023 di Lapangan Nawakarya Sendangagung

0
10

LAMPUNG TENGAH, (Duta Lampung Online) – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah dr. Ardito Wijaya bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Lapangan Nawakarya komplek perkantoran Kecamatan Sendangagung, Minggu (22/10/2023).

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Kabag Kesra Kab. Lamteng Rifda Ansori, Camat Sendangagung Muhammad Bhakti Syuhodo beserta Forkopimcam, ketua MUI Sendangagung H. Hamdad Muzakir, ketua MWCNU Sendangagung Ghufron Musthofa, badan otonom (Banom) NU, perwakilan KUA Sendangagung, Wakil ketua DPRD Lamteng Muslim Ansori, Wakil ketua PWNU Lampung Gus Munir, paracalon Anggota Dewan, para pengurus pondok pesantren, para santri, instansi sekolah dan undangan lainnya.

Wabup Lamteng saat membacakan sambutan Bupati Lampung Tengah dirinya menyampaikan bahwa, melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tangga 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Selanjutnya, sejak ditetapkan pada 2015, pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan HSN mengangkat tema Jihat Santri Jayakan Negeri.

“Maksud tema Jihat Santri Jayakan Negeri adalah bahwa santri diharap melanjutkan perjuangan, melanjutkan jihat untuk bisa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia”, katanya.

Karena santri menurut Ardito, konon sejarah santri selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendharmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Ardito Wijaya mengajak, melalui momen upacara HSN tahun 2023 ini, agar bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiyai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa, negara dan agama.

 

Usai pelaksanaan upacara HSN, kepada wartawan Duta Lampung Online Wabup Lamteng mengatakan sangat luar biasa. Menurutnya sejak pagi hingga siang antusias masyarakat dan kalangan santri yang hadir mengikuti upacara HSN 2023 ini.

Di akhir sambutannya, Ardito Wijaya berpesan kepada para santri untuk belajar sebaik-baiknya dan persiapkan diri karena NKRI membutuhkan pemuda yang mampu dan mempunyai talenta serta potensi.

Sementara itu, ketua panitia HSN 2023 Drs. Hanafi merasa bangga pelaksanaan upacara HSN bisa berjalan lancar.

“Kami sangat bangga peringatan HSN berjalan sukses dan lancar. Kedepannya peringatan HSN akan diupayakan lebih meriah lagi, kesuksesan acara ini berkat kerjasama yang baik dengan jajaran Banom NU, pemerintah kecamatan, pemerintah kampung dan masyarakat luas,” katanya.

Hanafi berharap untuk kegiatan upacara HSN tingkat kabupaten tahun depan bisa dipusatkan di Kecamatan Sendangagung.

Di penghujung acara rangkaian upacara HSN ini dilaksanakan pemberian hadiah bagi para pemenang berbagai cabang perlombaan saat menjelang HSN 2023. (Amin Ma’ruf)