Usai Lebaran Idul Fitri 1444 H, Pendapatan Jasa Pengangkut Barang Meningkat Pesat

0
16

Lampung Selatan, (Duta Lampung Online) – Suasana pasca mudik hari raya Fdul Fitri menjadi sebuah berkah bagi Pelaku Jasa Angkut Barang (Porter) di Pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang utama Bakauheni, Lampung Selatan.

Betapa tidak, pantauan media ini para porter terlihat kebanjiran job karena ramainya pemudik yang hendak menyeberang menuju pulau jawa pasca hari lebaran dikampung halaman.

Para porter yang terlihat menggenakan seragam berwarna merah tersebut tanpa lelah mengangkat barang-barang bawaan seperti tas,  koper, hingga kardus yang berisi barang pemudik.

Jarak yang ditempuhpun terbilang lumayan jauh, dari terminal tempat pembelian tiket penumpang sampai kekapal di dermaga 1,2 dan 3.

Masih dalam pantauan media ini, mereka tanpa lelah menawarkan jasa serta melakukan lobi-lobi kepada pemudik, meskipun tarif yang ditawarkan tidak ada patokan.

Dul Karim salah satu porter di Terminal Pelabuhan Bakauheni  mengaku senang karena mendapat berkah di momen mudik tahun ini, karena penghasilan yang didapat tahun ini meningkat pesat dibandikan dengan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah meskipun pendapatan tidak pasti yang jelas ada peningkatan dua kali lipat dari hari hari sebelumnya” Ujarnya Minggu,(30/4/2023)

Lebih jauh menyampaikan bahwa, selama menawarkan jasa kami tidak mematok berapa biaya jasa yang akan kami terima.

“Artinya kami tidak mematok jasa yang kami tawarkan, tergantung nego dan kesepakatan kami selaku porter dengan penumpang.” Paparnya

Dul Karim juga menyampaikan bahwa, momen mudik ataupun arus balik hari raya idul fitri tahun ini lebih ramai dari tahun lalu yang dikarenakan suasana Covid-19.

“Kami harap pemerintah dapat memberi perhatian kepada kami kami yang kuli ini,” tukasnya.(wan)