Tulang Bawang Terapkan Sistem Pemerintahan yang Efisien

0
1005
Wakil Bupati nonaktif Tulangbawang (Tuba) Heri Wardoyo. Foto: Istimewa

TULANG BAWANG (DLO) – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dinilai berhasil mewujudkan sebuah sistem pemerintahan daerah yang lebih baik, efektif, efisien, aspiratif, serta akuntabel dalam menjalankan tugas-tugas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Bupati nonaktif Tulangbawang (Tuba) Heri Wardoyo mengatakan demi mewujudkan hal tersebut pihaknya telah melakukan berbagai upaya, di antaranya meningkatkan kualitas dan produktivitas kinerja satuan kerja perangkat daerah, meningkatkan disiplin, profesionalitas, dan kapabilitas kinerja aparatur, mulai dari tingkat kampung, kecamatan, hingga kabupaten.

“Kami juga telah melakukan penataan potensi sumber daya aparatur, mulai dari pejabat daerah hingga staf serta menerapkan kebijakan pemerintah, seperti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), mendukung revolusi mental dalam tubuh birokrasi, dan melakukan revitalisasi sarana perkantoran guna mendukung optimalisasi kinerja pemerintah daerah,” kata Heri di rumahnya, Minggu (5/2/2017) dilangsir Lampost.co.id.

Dalam pengelolaan anggaran, pihaknya cukup bangga dan berterima kasih kepada segenap aparatur Pemkab Tuba karena dalam beberapa tahun terakhir banyak catatan prestasi yang telah diraih. Heri menyebutkan prestasi Pemkab meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan pada Mei 2015, atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2014.
Selain itu, setiap tahun APBD Tulangbawang juga meningkat. Pada 2013, sejak memulai tugas sebagai bupati dan wakil bupati, nilai APBD hanya sekitar Rp728 miliar. Namun, kini pada tahun anggaran 2016 nilai APBD telah mencapai Rp1,3 triliun lebih atau naik sekitar 80% dari 2013. (LP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here