TOP!! Modifikasi Anyaman Pita Tubaba Go Nasional

0
70

PANARAGAN, (DUTA LAMPUNG ONLINE) — Untuk pertama kalinya kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui dinas koperasi dan perdagangan (Koperindag) tampil di ajang Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2018 selama lima hari, 25-29 April 2018 di Jakarta Convention Center.

Kepala bidang perindustian dinas Koperindag Tubaba Ely Suryani, di ruang kerjanya mengatakan, pada acara bergengsi itu Tubaba berkesempatan mempamerkan dan menjual beberapa hasil kerajinan tangan kreatif warga Tubaba. “Kita baru pertama kalinya ikut, hanya membawa beberapa kerajinan anyaman saja, namun cukup mendapat perhatian dari pengunjung yang datang ke stand kami,” ujarnya, Senin (7/5/2018).

Salah satu pengunjung yang dimaksud adalah pengusaha nasional yang berminat untuk menjalin kerja sama dengan pengrajin binaan dari koperindag Tubaba. “Sempat datang ke stand kita ibu Anggel, seorang pengusaha melirik hasil modifikasi anyaman kita, beliau sanggup mensuplai bahan bakunya, sedangkan tanaga pengayaman melibatkan pengrajin kita,” kata dia. Bahan baku yang dimaksud adalah pita bertahan benang yang biasa digunakan untuk merajut kain satin, yang nantinya akan digunakan untuk membuat berbagai macam jenis produk seperti tas, dompet, kopiyah dan lain sebagainya.

Ditambahkan kepala seksi promosi hasil industri koperindag Tubaba, Mulia rahmi puri, untuk mempersiapkan hal tersebut pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap para pengrajin yang tergabung dalam beberapa kelompok UKM yang ada di Tubaba. “Kita memiliki binaan yang salah satunya di tiyuh Dayaasri, mereka pandai memodifikasi anyaman, namun sayangnya kita terkendala anggaran untuk mengembangkan mereka lebih jauh,” kata Muli, mendampingi kabid perindustian.(lpc)