Tinjau Kesiapan Layanan Arus Mudik dari Sumatera, Erick Thohir : Transformasi ASDP E-ticketing Ferizy, Masyarakat Semakin Terbiasa sehingga Mudik Kian Lancar

0
8

Lampung Selatan (Duta Lampung Online) – Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi transformasi yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam penerapan e-ticketing Ferizy yang membuat layanan angkutan penyeberangan semakin mudah, cepat, nyaman dan selamat.

“Ada terobosan yang luar biasa, salah satunya pada Angkutan Lebaran tahun ini pemudik motor telah tertib membeli tiket ferry via e-ticketing sebesar 95 persen dan roda empat sebesar 90 persen, artinya sudah mulai terbiasa, sehingga layanan mudik di lapangan terencana dan terlaksana dengan baik,” ujarnya di sela kunjungan kerja meninjau layanan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Kamis (20/4).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Erick meminta kepada Dirut ASDP Ira Puspadewi dan seluruh jajaran agak dapat menambahkan fasilitas pelayanan, baik di terminal, dan kapal. Termasuk fasilitas dan layanan yang sudah ada baik di Merak-Bakauheni, misalnya, fasilitas penginapan seperti hotel agar ditambah untuk memastikan bila ada penumpang yang datang tanpa tiket bisa tinggal book di situ. “Pelayanan ini yang akan kita maksimalkan. Di Merak, Insya Allah sudah terealisasi, di Bakauheni kita akan lihat perkembangan situasinya,” ujarnya.

Selain itu Menteri Erick juga mengapresiasi upaya peningkatan kapasitas prasarana di pelabuhan yang telah dilakukan ASDP. “Alhamdullilah saya langsung overview dari atas, dari pantauan tol Jakarta – Merak situasinya lancar. Saya lihat lahan parkir di Pelabuhan Merak juga sudah ditambah dan saya lihat sangat baik. Makanya, sekarang di Bakauheni saya mau lihat sendiri bahwa layanan arus mudik Angkutan Lebaran masih terkendali. Hal ini bagian dari kolaborasi antara Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, BUMN, Kementerian Perhubungan dan Kapolri,” ujarnya.

*Puncak Arus, Tren pemudik terus Meningkat*
Saat melakukan kunjungan di ruang tunggu penumpang regular Pelabuhan Bakauheni, Menteri Erick menyapa hangat para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa.

Berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 19 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 20 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-3
tercatat realisasi total penumpang mencapai 55.984 orang atau naik 9% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 51.234 orang.

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 7.096 unit atau naik 7% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.653 unit. Sedangkan truk logistik yang telah menyebrang dari Sumatera ke Jawa mencapai 939 unit atau turun 27% dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 1.295 unit. Total seluruh kendaraan tercatat unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-3 9.328 unit atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 9.037 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-3 tercatat 321.395 orang atau naik 10% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 292.173 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 59.467 unit atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 57.701 unit.

Sebaliknya, tren arus mudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera masih cenderung ramai dan alami peningkatan sejak Rabu (19/4) hingga Kamis (20/4) yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik tahun ini. Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam pada H-3, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 50 unit kapal.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 164.305 orang atau naik 5% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 155.812 orang.

Untuk realisasi kendaraan roda dua mencapai 18.753 unit atau naik 1% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 18.540 unit. Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 18.542 unit atau naik 6% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 17.452 unit. Sedangkan truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 1.024 unit atau naik 10% dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 933 unit. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 39.129 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-3 atau naik 4% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 37.692 unit.

Sementara itu, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H-3 tercatat 633.793 orang atau naik 6% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 595.874 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 148.597 unit atau naik 3% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 143.782 unit.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di Pelabuhan. “Meski begitu, kami juga mohon kerjasama dan perhatiannya kepada pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket,” ujarnya.

Pengguna jasa agar mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.(hms/wan)