Tingkatkan Kemampuan Personil,Satsamapta Polres Siak Gelar Latihan Gabungan

0
9

SIAK –(Duta Lampung Online)-Sebanyak 165 (Seratus enam puluh lima) Personil Polres Siak dan Polsek Jajaran melaksanakan kegiatan latihan Pengendalian Massa ( Dalmas ) di Lapangan Depan Mako Polres Siak, Kamis (14/09/2023).

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi melalui Kasat Samapta Polres Siak IPTU Alfajri yang diwawancarai disela sela latihan mengatakan adapun materi latihan yang diajarkan yakni Formasi Dalmas Awal, Formasi Dalmas Lanjutan,Formasi Dalmas lapis ganti, Cara Menggunakan Tameng dan Cara Negosiator.

“Kegiatan latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil Polres Siak untuk mengatasi aksi unjuk rasa damai maupun pengendalian aksi massa yang anarkis secara profesional dan sesuai SOP” , Ucap IPTU Alfajri.

Lanjut IPTU Alfajri mengatakan bahwa pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menghadapi unjuk rasa nanti nya.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur IPTU Alfajri

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas untuk persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Siak.

“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,” terang Kasat Samapta

IPTU Alfajri menambahkan, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan diantaranya kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan, tidak ada keragu raguan, dan ini juga merupakan kesiapan kita pada pengamanan Pemilu dan Pilkada 2023 nanti,yang paling dekat pengamanan Pilkampung serentak 19-21 september ini,” pungkasnya dia.( Red )