Tapis Tanggamus Melenggang ke Paris September Mendatang

0
42

Pugung ( Duta Lampung Online )- Tapis Tanggamus akan dikenalkan di Paris pada September 2019 mendatang. Hal itu sebagaimana disampaikan Hilma Wira, Perwakilan Bank Indonesia (BI), saat melakukan pembinaan di Sanggar Tapis Ratu Intan pimpinan Ibu Reni Fitri Mahariyanti, di Pekon Tiuh Memon Kecamatan Pugung, Senin (1/7).

“Selama ini Bank Indonesia mengembangkan Program Lokal Ekonomi Developmend (LED). BI mencoba mencari potensi yang ada di suatu daerah. Bagaimana mengembangkan potensi yang ada di daerah itu, dan untuk menciptakan aktivitas sumber ekonomi baru bagi masyarakat setempat, yang dampaknya akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Program ini sifatnya hanya memfasilitasi, mulai dari peningkatan kapasitas SDM dalam bentuk produksi dan pemasaran.

“Jadi kita cari dan berinovasi, seperti mendatangkan desainer, sehingga nanti produk yang dihasilkan tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar saja, namun dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Kita sudah berencana akan memperkenalkan Tapis ini ke perdagangan internasional di Paris di akhir September,” kata Hilma.

Pembinaan ini sendiri dilaksanakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus, bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat dan BI.

Pada pembinaan tersebut, dihadirkan juga Desainer Nasional Wignyo Rahardi. Dalam arahannya Wignyo mengatakan pembinaan yang sedang dilakukan merupakan Program Bank Indonesia yang salah satunya ingin mengangkat UMKM di bidang kreatif.

“Untuk di Lampung, salah satunya adalah tapis. Kita mencoba menggali potensi di Kabupaten Tanggamus, dimana ini yang kedua kalinya, setelah Pesawaran yang hasilnya cukup membanggakan. Dalam pendampingan dan pembinaan dengan BI, kita akan menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai kluster fashion industri. Artinya bahwa nantinya Kabupaten Tanggamus sebagai sentra kerajinan tapis, yang tidak hanya memproduksi kain tapis, tapi bagaimana para pengrajin mampu menghasilkan busana dari bahan tapis yang tentunya sudah didesain dan dipola,” terangnya.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Nuraini Lubis, sangat berterima kasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BI dan Dekranas Pusat.

“Dengan ditunjuknya Ratu Tapis Pekon Tiuh Memon, serta diberikan pembinaan dan pelatihan oleh BI dan Dekranas, itu saja sudah menjadikan nilai plus bagi kami, khususnya Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Dengan pembinaan ini tentunya kami berharap kedepan Tapis Tanggamus akan maju lebih baik lagi dan dapat dikenal oleh masyarakat luas, termasuk ke mancanegara,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pengurus Dekranasda Provinsi Lampung, Camat Pugung Hardasyah, Uspika Kecamatan Pugung, serta jajaran Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus. (*/Ismail MB)