SLB Insan Madani Dan Puspaga Gaharu Kota Metro Sudah Masuk Dalam SRA Kategori Nindya

0
30

METRO – Tim verifikator Kementerian Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) melakukan evaluasi penilaian Kota Layak Anak (KLA) di SLB Insan Madani Kota Metro, Senin (27/6).

Kordinator tim pendamping pemenuhan hak anak Provinsi Lampung Hendra Jamal mengatakan, berdasarkan hasil penilaianya, SLB Insan Madani dan Puspaga Gaharu Kota Metro sudah masuk dalam SRA kategori Nindya.

“Kalau tim penilaian Nindya itu ada sendiri, akan tetapi berdasarkan penilaian saya ini sudah bagus. Jika SLBnya sudah Nindya, puspaganya sudah Nindya kemungkinan untuk Kalanya bisa mengikuti,” kata dia.

Pihaknya mengaku akan merekomendasikan SLB Insan Madani untuk masuk dalam SRA predikat Nindya.

“Tapi semua itu tergantung pada Menteri KPPA untuk menentukan bersama deputi-deputinya. Kalau kita disini hanya untuk merekomendasikan,” paparnya.

Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman mengatakan, pada tahun ini, Kota Metro memang menargetkan mendapat predikat Nindya dalam KLA.

“Ini bagian dari penguatan kita, kalau kita kompak insyaallah nilai Nindya itu akan terwujud. Kegiatan ini menunjukkan bahwa kita bisa hadir dan kompak, saya akan mengawal terus kegiatan ini,” ucapnya.

Senada dikatakan Ketua TP PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi. Menurutnya Kota Metro berupaya naik kelas dalam KLA tidak hanya satu tetapi dua strata.

“Ini kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan swasta sehingga menunjukkan bahwa kita mampu mendapatkan apa yang kita harapkan,” ucap Silfia.

Sementara itu, fasilitator nasional satuan pendidikan ramah anak dan pendamping KLA Provinsi Lampung Sowiyah menuturkan, SLB Insan Madani sudah memenuhi kriteria SRA predikat Nindya.

“Ini membuktikan bahwa Kota Metro itu sudah layak sekali Nindya, karena kriterianya sudah memenuhi. Jadi tim juga seneng dan bangga melihat langsung dan Metro memang betul-betul sudah berstandar dan bagus. Contoh saja satuan pendidikan ramah anak, inikan sedang masa pemenuhan kemarin dilakukan audit tanggal 7 Juli 2022 standarisasi SRA dan ini nilainya diatas standar hampir sempurna dengan nilai 86,77. Saya berharap sebelum tanggal 7 sudah di upload. Itu hampir 100% mungkin bisa di atas 98%,” pungkasnya. (Antoni.G)