Serap Aspirasi Pimpinan Dan Anggota DPRD OKU Reses Perorangan

0
243
Serap Aspirasi Pimpinan Dan Anggota DPRD OKU Reses Perorangan (Foto Helman).

BATU RAJA (OKU) SUMSEL-Duta Lampung Online- Guna menyerap aspirasi masyarakat, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Reses turun ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat.

Sebanyak 35 orang pimpinan dan anggota DPRD OKU mengikuti reses ke Dapil masing-masing yang dilakukan secara perorangan sejak 22 Maret hingga 31 Maret yang lalu.

Ketua DPRD Kabupaten OKU, Zaplin Ipani SE, mengatakan bahwa reses yang perorangan yang dilakukan oleh unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten OKU periode 2014-2019 merupakan momentum yang sangat baik, bagi anggota dewan dan masyarakat, khususnya yang berada di daerah pemilihannya masing-masing.  “Melalui momen reses ini diharapkan masing-masing anggota dapat menyerap aspirasi masyarakat yang diwakili, sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat dapat diketahui dan ditampung oleh anggota dewan agar dapat direalisasikan,”  katanya kepada portal ini. Selasa(4/4/17).

Dikatakannya, Reses merupakan momentum yang paling tepat bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada anggota DPRD. Harapan yang selama ini disematkan kepada wakilnya, bisa disampaikan melalui forum reses ini. “Reses sebagai wadah komunikasi antara anggota dewan dan masyarakat. Apa yang hendak diaspirasikan, silahkan sampaikan,”ucapnya.

Kemudian, sambung Zaplin, aspirasi yang ditampung pada saat reses kali ini, akan dibawa oleh setiap anggota DPRD untuk dijadikan bahan pembahasan, baik di tingkat fraksi, komisi maupun pansus agar bisa dijadikan skala prioritas pembangunan.  “Tentu saja para wakil rakyat ini akan menyampaikan aspirasi masyarakat kepada dinas terkait agar bisa dijadikan program kerja,” terangnya.

Berdasarkan hasil reses beberapa hari yang lalu, sejumlah usulan dari masyarakat berhasil ditampung oleh masing-masing anggota, dimana dari hasil reses tersebut banyak masyarakat  menyampaikan bahwa peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur jalan di sejumlah wilayah Kabupaten OKU menjadi tema besar dalam kegiatan reses.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD OKU, Yopi Syahrudin Ssos, mengatakan bahwa apa yang telah didapat dari hasil reses khusunya usul saran dari masyarakat akan dasar bagi anggota menentukan langkah kerja kedepanya.

“Apa yang menjadi usulan masyarakat pasti akan kita bahas. Saya pikir reses cukup banyak manfaatnya, karena masyarakat bisa bertemu dengan wakilnya dan menyampaikan unek-unek terkait perkembangan daerah. Perkara, usulan itu direalisasi atau tidak itu relatif, karena dalam menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan ada skala prioritas,” pungkasnya. (HL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here