Seorang Nelayan Hilang Saat Mencari Ubur Ubur

0
67
( Foto Ist)

Tanggamus (DLO)-Seorang nelayan pencari ubur-ubur dikabarkan raib setelah terjebur ke laut. Pencarian tidak bisa melalui penyelaman, lantaran di perairan tersebut disesaki ubur-ubur yang dinilai dapat membahayakan keselamatan personil Tim SAR.

Alhasil, pencarian hingga Senin (27/11) siang, dilakukan dengan menggunakan speedboat. Namun tim penyelamat yang turut melibatkan pihak polsek tersebut, belum berhasil menemukan keberadaan korban yang diketahui bernama Zubaidi (42).

Kapolsek Pematangsawa Ipda. Lukman membenarkan adanya nelayan hilang saat sedang mencari ubur-ubur. “Laporannya masuk ke kami sejak Minggu (27/11) pukul 00.30 WIB. Setelah memastikan kebenaran informasinya, kami segera berkoordinasi dengan Pos SAR Tanggamus dan BPBD,” terangnya, kemarin.

Lukman menerangkan, berdasarkan keterangan saksi mata, sebelum tenggelam Zubaidi berada di perahu bersama tiga rekannya. Ketiganya diketahui bernama Muslim (50), Nazarudin (30), dan Basarudin (30). Mereka melaut sejak Sabtu (26/11) sekitar pukul 23.35 WIB.

Masing-masing mereka sudah berbagi peran. Di antara tugas korban, salah satunya ialah mengangkat jangkar pemberat buritan perahu. Tak dinyana, masih cerita Lukman, bukan jangkar yang terangkat tapi justru Zubaidi yang terjebur dan langsung tenggelam di perairan Teluk Semaka.

Sementara menurut Komandan Tim Pos SAR Tanggamus, Adi Ayang Syah, titik kordinat lokasi kejadian diketahui berada di 5°32’57.8″ S dan 104°32’34.7″ E. Berdasarkan titik tolak tersebut tim rescue sudah melakukan penyisiran dalam radius 3 kilometer ke arah Utara, Timur, dan Selatan.

“Sejauh ini kita belum bisa menemukan keberadaan korban. Hasil pencarian masih nihil. Dan proses itu akan terus dilanjutkan. Hanya saja personil SAR tidak bisa melakukan penyelaman, karena zero visibilityn ditambah lagi di area tersebut banyak didapati kawanan ubur-ubur yang bisa membahayakan keselamatan tim pencari. Makanya penyisiran dilakukan dengan speedboat,” urai Adi.(Rls)