Semua Karena Rahmat Allah SWT

DALAM SEBUAH hadist disebutkan bahwa ada seorang hamba yang melakukan ibadah selama 500 tahun, ia hidup di puncak gunung yang berada di tengah laut.

Allah mengeluarkan mata air di puncak gunung itu, airnya sangat segar. Allah juga menumbuhkan pohon delima, yang setiap malam mengeluarkan satu buah delima matang.

Jika hari menjelang petang, hamba itu turun ke bawah mengambil air wudhu’ sambil memetik buah delima untuk dimakan. Kemudian mengerjakan shalat.Ia berdoa kepada Allah Ta’ala agar ia diwafatkan dalam keadaan bersujud, dan mohon agar jangan sampai jasadnya rusak dimakan tanah.

Selanjutnya, ketika dia dibangkitkan pada hari kiamat ia dihadapkan di depan Allah Ta’ala, lalu Allah berfirman, “Masukkanlah hambaKu ini ke dalam Surga karena rahmatKu”.Hamba itu membantah, “Ya Rabbi, aku masuk Surga karena Amalku,’kata hamba.

Kemudian ditimbanglah nikmat Allah dengan amal perbuatannya. Maka ia dapati bahwa kenikmatan penglihatan yang dimilikinya lebih berat dibanding dengan ibadahnya selama 500 tahun, belum lagi kenikmatan lain.

Allah Ta’ala berfirman “Sekarang masukkanlah hambaKu ini ke Neraka!”. Hamba itu lalu berkata, “Ya Rabbi, benar aku masuk Surga hanya karena rahmat-Mu, masukkanlah aku ke dalam SurgaMu,”kata hamba

Allah Ta’ala berfirman, “Kembalikanlah ia”,Kemudian ia dihadapkan lagi pada Allah Ta’ala, ‘Wahai hambaKu, Siapakah yang menciptakanmu ketika kamu belum menjadi apa-apa?..Siapakah yang memberi kekuatan kepadamu sehingga kamu mampu mengerjakan ibadah selama 500 tahun?‘Siapakah yang menempatkanmu berada di gunung dikelilingi laut kemudian mengalirkan untukmu air segar di tengah laut yang airnya asin, lalu setiap malam memberimu buah delima yang seharusnya berbuah hanya satu tahun sekali? Lalu siapakah yang mencabut nyawamu ketika engkau bersujud..?

Hamba itu menjawab, “Engkau ya Rabbi,”kata hamba.

Lalu Allah Ta’ala berfirman lagi “Itu semua berkat rahmatKu. Dan hanya dengan rahmatKu pula Aku memasukkanmu ke dalam Surga. Sekarang masukkanlah hambaKu ini ke dalam Surga!

Semoga bermanfaat bagi kita ummat islam…..Aamiin….!!!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *