Sambut Mudik Tol Laut Beroperasi H-20 Lebaran

0
237

BANDAR LAMPUNG, (Duta Lampung Online) – Penambahan dua rute tol laut yang dicanangkan Pemerintahan Pusat di Kota Tapis Berseri, didukung Wali Kota Bandar Lampung Herman HN. Rencananya, rute baru jalur Pelabuhan Panjang menuju Jakarta itu difungsikan H-20 Lebaran.

Herman mengatakan dua rute, yakni Bandar Lampung—Jakarta serta Pelabuhan Panjang—Surabaya. Rute baru ini diharapkan dapat menambah keamanan dan kenyamanan ketika mudik Lebaran.

Menurut Wali Kota, rute baru bisa ditempuh selama enam jam dari Bandar Lampung menuju Jakarta. “Adanya rute tambahan Ini kan bagus untuk mengurangi kemacetan ketika di Bakauheni dan menghemat waktu berjalan menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih dua jam dari Bandar Lampung ke Bakauheni,” kata Herman, seperti dilansir Lampost.co, Senin (6/6).

Keamanan di tol laut, kata Herman, lebih terjamin dan juga dapat menikmati fasilitas yang disediakan pihak kapal, PT Atosim Lampung Pelayaran, menyediakan tiga unit kapal menuju Tanjung Priok, Jakarta. “Untuk saat ini ada tiga kapal dan bisa menampung sekitar 800 orang dan 200 kendaraan,” ujarnya.

Direktur Komersial PT ALP Asep Suparman mengatakan pihaknya akan membuka rute baru dari Pelabuhan Panjang menuju Tanjung Priok. Rute baru ini akan resmi dibuka pada 22 juni 2016.

Sebelumnya, hanya ada satu jalur, yakni dari Bandar Lampung menuju Tanjung Perak, Surabaya. Rencana dibukanya jalur baru tol laut ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah.

Pada tahap awal pembukaan rute baru ini, PT ALP akan mengoperasikan tiga unit kapal motor penumpang, yakni KMP Mutiara Timur I, KMP Mutiara Sentosa II, dan KMP Mutiara Sentosa III. “Kami harapkan rencana ini bisa menjadi momentum yang baik, utamanya pada saat Lebaran. Ini juga bisa menjadi alternatif para pengguna jasa jalur darat dari Tanjung Priok menuju Panjang, atau sebaliknya,” kata dia. (*)