Ribuan Sekura Cakak Buah Lambar, Akan Pecahkan Rekor MURI

0
297

Lampung Barat (Duta lampung)-Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) setempat terus melakukan berbagai persiapan untuk menykseskan acara “Sekura Cakak Buah” (Orang bertopeng panjat pinang, red). Kegiatan terseut diyakiniakan pecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak yang akan digelar bersamaan dengan jalan sehat, Minggu 18 September 2016 mendatang.

Peserta sekura 2016 ini, rencanya akan melibatkan berbagai elemen yang ada di Lampung Barat, mulai dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD), perwakilan kecamatan dan pekon, swasta dan pelajar serta masyarakat umum.

Kepala Disporaparbud Lambar Indra Kesuma, Kamis (15/9/2016) mengatakan, sesuai hasil pendataan para peserta jalan sehat dan  pesta sekura cakak buah tersebut dengan rincian pegawai negeri sipil (PNS) dan Tenaga harian Lepas Sukarela (THLS) lingkup pemkab setempat sebanyak 1.782 orang, belum lagi ditambah dari pelajar SMP dan SMA sederajat se-Kecamatan Balikbukit dan Batubrak, serta perwakilan dari kecamatan dan pekon jumlahnya mencapai 7.843 orang.

”Target  kami paling minimal pesertanya sebanyak 2016, namun kami yakin jumlah pesertanya akan lebih karena hasil pendataan telah mencapai 7.843 orang, dan semua dinas instansi, dan pihak-pihak yang kami minta untuk terlibat juga menyatakan kesiapannya  mensukseskan kegiatan tersebut,” ungkap Indra.

Menurut Indra, jalan sehat yang menjadi pembuka pesta sekura itu, ditetapkan  titik start di Wisma Sindalapai Kelurahan pasar Liwa dengan titik finish lapangan Pemkab Lambar tersebut , pihaknya  menyiapkan berbagai  hadiah seperti satu unit sepeda motor, empat unit sepeda gunung, dua unit kulkas, dua unit mesin cuci, dua unit televise, enam unit kompor gas, lima unit magic com, empat unit kipas angin, dan 100 unit hadiah hiburan.

”Setelah sampai di lapangan pemkab Lambar  para peserta  topeng sakura ini disuguhkan dengan pesta rakyat penampilan  artis dari ibu kota Jakarta, seperti Cita Citata, Oliv Jiah, dan Susi Legit. Selain itu untuk para sekura cakak buah  khususnya sekura bukhak diberikan  30 batang  pinang dengan berbagai hadiah menarik,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Indra, sekura merupakn  budaya warisan leluhur bumi sekala brak yang  harus tetap dilestarikan, terlebih sekura telah masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2015 lalu. Selain itu sekura juga menjadi hak paten  Lambar.

”Dalam Festival krakatau tahun ini Lambar menjadi juara I antraksi pawai budaya, dengan judul sakura midokh. Karena itu dengan dilaksanakannya pesat ini, maka akan timbul rasa memiliki, dan ini merupakan suatu kebanggan bagi kita, karenanya kami berharap masyarakat mendukung dan berpartisifasi,” harapnya.

Sekadar diketahui, sekura Pesta Budaya sekura secara definisi merupakan perayaan dan atau ungkapan kegembiraan masyarakat secara bersama sama dengan bertopeng (menutup wajah)  dan merubah penampilan sedemikian rupa yang sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahim yang berpuncak pada panjat pinang secara berkelompok dengan sistim beguai jejama (gotong royong).

Sekura berarti penutup wajah atau topeng,  Pesta sekura adalah sebuah pesta rakyat yang seluruh pesertanya menutup wajah.  Pesta ini berlangsung dari 1 sampai 7 Syawal setiap tahunnya.  Sebuah bentuk perayaan kemenangan setelah menahan banwa nafsu selama bulan Ramadhan.  Bulan sebagai pelampiasan puasa sebulan ya-Juga sebagai ajang silaturahmi dan bermaaf maafan.  Sekura secara teknis dibagi 2 kelompak:  Sekura Betik (Helau),  penampilannya helau (indah)  lucu.

Sekura Kamak (kotor),  penampilan kotor,  disebut sebagai sebagai Sekura Calak.  Kamak (kotor)  adalah arti sekura ini yaitu topeng dari bahan kayu atau dari bahan-bahan alami  tumbuh dan atau terbuat dari bahan-bahan yang yang membaluri tubuh mereka yang akan menjadikan penampilannya menjadi lebih unik dan kotor dengan pakaian aneh dan lucu Sekura Kamak berhak memanjat pinang yang telah menjadi untuk bersaing dan dalam berkelompok untuk mencapai dan pemenang.(rls/LE)