Ratusan Kader PDIP Ikuti Gebyar Senam SICITA di Sendangagung

0
30

Lampung Tengah, (Duta Lampung Online) – DPC PDI Perjuangan Lampung Tengah menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) 2022 di Lapangan Nawakarya Sendangagung Kabupaten Lampung Tengah. Senam SICITA ini diikuti ratusan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai upaya memasyarakatkan olahraga, untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh, serta dalam rangka meningkatkan soliditas antar Kader Partai, Sabtu (18/6/2022).

Usai pelaksanaan senam SICITA, H. Loekman Djoyosumarto, selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Tengah mengungkapkan, senam ini diikuti oleh kader dan simpatisan PDIP dari 9 ranting di Kecamatan Sendangagung.

“Senam SICITA ini merupakan serangkaian acara HUT PDI Perjuangan ke-49, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, serta dalam rangka Bulan Bung Karno. Alhamdulillah, Senam SICITA bisa terlaksana dengan baik. Saya berharap kedepannya, senam SICITA ini dapat lebih memasyarakat di Kecamatan Sendangagung”, tuturnya.

H. Loekman Djoyosumarto juga menambahkan, kegiatan ini juga dalam rangka menindaklanjuti instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan imunitas melalui olahraga. Selain itu, Senam sehat ini sejalan dengan apa yang selalu diungkap, serta didorong Bapak Proklamator Soekarno. Mens sana in corporate sano bahwa dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat.

“Bagaimana kita akan sejahtera kalau badan kita tidak sehat”, ujarnya.

H. Loekman Djoyosumarto menjelaskan, dalam senam ini juga mengandung pesan moral, yaitu, melalui kegiatan olahraga ini DPC PDIP Lampung Tengah mengajak masyarakat untuk berolahraga demi kesehatan badan dan jiwa, seperti moto PDI Perjuangan yakni, “Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya”. Tidak hanya Kader Partai, namun juga masyarakat.

Menurutnya, gebyar senam SICITA tersebut rencananya akan diadakan di setiap kecamatan secara bergiliran. Setidaknya akan digelar disetiap dapil Satu sampai Dapil lima.

Disisi lain, kepada awak media Loekman Djoyosumarto mengatakan, untuk musim pemilu 2024 mendatang DPC PDIP Lampung Tengah tetap optimis menang. “PDIP harus bisa meraih 25 kursi dari 50 kursi yang ada di DPRD Lampung Tengah,” tekatnya.

Sementara itu, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung Tengah, Sutarmin, mengatakan, “Bagi Kader PDI Perjuangan, SICITA ini sangat penting. Sebab, melalui kegiatan senam ini, ada upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, seperti juga ajaran Bung Karno dalam menjaga kesehatan di setiap kegiatan,” jelasnya.

Menurutnya, olahraga menjadi penting untuk membangun mentalitas. Seorang pemimpin juga perlu melakukan latihan jiwa raga. Sebagai Kader Partai juga memerlukan rasa cinta tanah air. Memahami ajaran-ajaran Bung Karno tanpa rasa cinta tanah air, tidak akan muncul dedication of life.

Diketahui, dalam gebyar lomba senam SICITA tersebut juara pertama diraih kader PDIP Ranting Sendangmukti, juara kedua diraih Ranting Sendangagung dan juara ketiga Ranting Sendangmulyo. (Amin Ma’ruf)