Raden Adipati Kukuhkan Pengurus 4 Organisasi

0
0

WAY KANAN, Duta Lampung Online (DLO) – Pengukuhan TP – PKK Kabupaten Way Kanan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Lembaga Seni Qosidah Indonesia (Lasqi) dan Agen Pengerak Paud berkualitas Pendidikan keluarga dan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur)  se-Kabupaten Way kanan  Masa Bakti 2016 – 2021 oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Selasa (24/5).

Raden Adipati dalam sambutannya mengatakan PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Way Kanan, Lampung dan Indonesia yang sejahtera.

Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya. PKK dengan 10 program pokoknya yang merupakan kekuatan strategis. Apabila 10 program pokok PKK tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh dalam tidak hanya berfokus pada kesejahteraan, namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB.

Melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi dan melalui kepengurusan Dekranasda diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah. Juga bisa memberikan motivasi kepada para pengusaha daerah agar hasil kerajinan-kerajinan masyarakat daerah bisa diperkenalkan dan diperdagangkan sehingga mampu mendatangkan pembeli baik dari dalam daerah maupun luar daerah sehingga dapat meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat

Lembaga Seni Qosidah (LASQI) Kecamatan  se-kabupaten Way Kanan yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang membina dan mengembangkan seni budaya musik Islami, seperti qasidah, hadrah, marhaban, marawis, nasyid, sholawat, gambus, dan lain-lain, dengan terbentuknya LASQI ini diharapkan adanya ukhuwah islamiyah sebagai norma agama dapat semakin mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat karena pada saat ini kecenderungan masyarakat modern lebih suka untuk lebih mendekatkan diri dengan gaya hidup individualistis, materialistis dalam kondisi Pergeseran nilai seperti inilah peran lembaga keagamaan seperti   LASQI sangatlah penting dalam meningkatkan spiritualitas.

Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia Enam Tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Agen  PAUD diharapkan dapat menggerakan seluruh guru, tenaga kependidikan, keluarga, dan lembaga PAUD untuk menyelenggarakan pembelajaran Aku Anak Jujur dengan 10 Prinsip PAUD .

Ketua TP PKK Dessy Afrianti Adipati mengatakan bahwa tujuan dari sebuah organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan dan cita cita bersama anggota organisasi dan Masyarakat pada Umumnya, tak terkecuali TP PKK, Dekranasda, LASQI Maupun Agen Pengerak Paud berkualitas Pendidikan keluarga dan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur).

Untuk mewujudkan Keluarga keluarga sejahtera sebagaimanan tujuan dari TP PKK, atau memberdayakan pengrajin dan pelestarian Budaya melalui Dekranasda, serta menggerakkan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas yang terangkum dalam GERNAS MANJUR, hingga kegiatan Keagaamaan dengan pelestarian seni Budaya islam di bawah Naungan dari LASQI, hal itu sangat dibutuhkan peran dan dukungan semua pihak. Untuk itu pada kesempatan Baik ini dapat kami sampaikan bahwa bahwa segenap pengurus dan Anggota TP PKK, DPD LASQI Maupun Dekranasda bersama pemerintah siap untuk mewujudkan Way Kanan Maju Dan Berdaya saing.(maria)