PWDPI Kota Surabaya Turut Hadir Dalam Dialog Interaktif Peran Ormas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024

0
17

Surabaya (Duta Lampung Online)-Gentengkali, Sabtu (17/06/2023), Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 sudah berjalan dan di akhir tahun 2023 ini semakin mendekati Tahun Politik menjelang Pemilu serentak dan Pilkada Tahun 2024. Dalam kesempatan tersebut Badan kesatuan bangsa dan politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya melaksanakan kegiatan dengan mengundang organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Kota Surabaya dengan tema “Dialog Interaktif Peran Ormas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Museum Pendidikan Jl. Gentengkali No. 10 Kecamatan Genteng Kota Surabaya, yang mana tempat tersebut memiliki nilai sejarah bagi bangsa Indonesia khususnya Kota Surabaya.

Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan, mengajak organisasi masyarakat Kota Surabaya turut bekerja sama dalam menjaga kondisifitas Kota Surabaya menjelang situasi pesta demokrasi di tahun 2024 dengan harapan agar situasi dan kondisi berjalan aman, nyaman, kondusif dan damai, setelah menyampaikan sambutan sekaligus membuka dialog interaktif.

Dalam kegiatan dialog interaktif hadir sebagai nara sumber Wakil direktur bidang akademik sekolah pasca sarjana Unesa Surabaya Dr. Harmanto S.Pd M.Pd, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (bawaslu) Kota Surabaya Muhammad Agil Akbat S.Pd dan Saudari Maysyah Mukarromah sebagai moderator dalam dialog interaktif.

Selain Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (PWDPI) Kota Surabaya juga hadir dalam dialog interaktif organisasi lainnya, Persatuan Artis Dangdut Musisi Seniman Jawa Timur (PADMI) Kota Surabaya, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Surabaya, PC. Jam’iyyah Ismul Haq Nahdlatul Ulama (JIHNU) Kota Surabaya, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Surabaya, Perkumpulan Doeloer Artha Nusantara Kota Surabaya, Aliamsi Masyarakat Pinggiran (Amping) Kota Surabaya, Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia Kota Surabaya, Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Kota Surabaya, Paguyuban Pasundan Kota Surabaya, PD. Jama’ah Al khidmah Surabaya, Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Kota Surabaya, Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kota Surabaya, Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Kota Surabaya, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Surabaya dan Yayasan Kiprah Kreatif Indonesia Kota Surabaya.

Para narasumber menyampaikan bahwa Organisasi Kemasyarakatan memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah di Tahun 2024 mendatang dan bagaimana kita dapat menangkal adanya informasi dan berita hoax, untuk itu diharapkan kepada pengurus Organisasi Kemasyarakatan yang hadir pada acara agar membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum di tahun 2024 mendatang.

Tampak peserta Dialog Interaktif Peran Ormas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 semangat dengan menyampaikan beberapa pertanyaan kepada para narsumber dan Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya. Pasca sesi tanya jawab dalam dialog interaktif, kegiatan ditutup oleh moderator dan dilanjutkan dengan acara foto bersama. (rendra)