PT PLN (Persero) UPL Cikedung Lakukan Penyesuaian Daya

0
45

Indramayu, (Duta Lampung Online) — PLN (PERSERO) akan melakukan penyesuaian daya listrik pelanggan 450VA menjadi 1.300VA. jadi Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya kembali, karena biaya untuk pemasangan ulang penyesuaian daya tersebut sudah ditanggung oleh negara.

Kebijakan PLN tersebut sebagaimana tertuang dalam surat yang dikirimkan ke warga. Dalam surat itu, tertuliskan kalau PLN akan langsung mengalihkan daya pelanggan 450VA yang pemakaiannya melebihi batas, menjadi 1300VA. Sejumlah warga melakukan pendaftaran dengan mendatangi kantor PLN ULP Cikedung, yang beralamat di jalan Terisi – Cikamurang, pada Kamis (19/5/2022) kemarin.

Surat dari PT. PLN mengenai penertiban pemakaian daya listrik 450 Volt Ampere (VA) beredar dikalangan pelanggan PLN di 8 (delapan) Kecamatan, yang diantaranya sebagai berikut: Terisi, Cikedung, Lelea, Bangodua, Tukdana, Widasari, Keroya, Gabus Wetan. Dalam surat yang disampaikan langsung kepada pelanggan tersebut, PLN akan menyesuaikan daya secara otomatis dari 450VA menjadi 1.300VA.

Sesuai dengan surat edaran tersebut, maka rumah warga dengan pemakaian listrik mengenalkan melebihi atau melewati batas maksimal daya 450VA, PLN akan melakukan penertiban dan tidak mengenakan denda karena sesuai aturan Peraturan Direksi PT. PLN (PERSERO) Nomor. 088-Z P/DIR/2016 Tahun 2016.

Sementara itu, Managger PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cikedung Djulijanto mengatakan, Edaran tersebut merupakan kebijakan PLN Pusat mengakui ada terkait dengan data pelanggan yang menerima surat tersebut, kata dia.

“Menjadi kewenangan pusat, sedangkan PLN di daerah hanya menjalankan tugas menyampaikan surat tersebut kepada pelanggan PLN yang namanya tercatat,” kata Djulijanto.

Managger PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cikedung juga menyampaikan bahwa, “surat yang diterima pelanggan PLN di ULP Cikedung perihal penertiban penggunaan listrik dari 2021 disebutkan bahwa, pelanggan PLN daya 450VA yang pemakaian masuk reng aman 1.300 nanti biaya di bayar oleh Negara. Sedangkan pengguna PLN dengan daya 450VA ke 900VA tidak di kafer negara, karena itu merupakan swadaya mandiri,” tutupnya.
(kumaedi)