PT ASDP Indonesia Berinovasai Dengan Mengeluarkan Tiket Online

0
138
(foto Ilustrasi)

Kalianda(DLO)- Untuk memberikan kemudahan kepada calon penumpang dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini,  PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan Bakauheni meluncurkan layanan penjualan tiket secara online.

“Tiket yang dijual berlaku bagi pengguna jasa yang membawa kendaraan golongan I sampai V. Ini sebagai alternatif solusi dan kemudahan yang diberikan PT ASDP kepada pengguna jasa penyeberangan,” kata Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia Christen Hutabarat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6).

Menurutnya, dengan tersedianya layanan penjualan tiket online ini, pengguna jasa dapat lebih mudah dan nyaman mendapat tiket. Penggunan dapat menggunakan ponsel atau tabletnya dengan mengakses http://tiket.indonesiaferry.co.id. “Cukup pesan tiket melali website PT ASDP, dan pembayaran bisa dilakukan oleh ATM. Jadi, tidak perlu beli tiket di pelabuhan sehingga dapat lebih menghemat waktu antrean,” kata dia.

Meksi begitu, layanan ini baru dilakukan secara bertahap, dimulai lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dan pada akhirnya berlaku di seluruh lintasan yang dikelola oleh PT ASDP.   Pembeliaan tiket secara daring berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan. Adapun layanan penjualan tiket penyeberangan berjadwal secara online saat ini berlaku bagi penumpang kendaraan roda 2 roda, kendaraan roda 4 (pribadi,pick-up dan bobarang) dan mobil travel jenis Elp.

Bagi pemudik yang beli tiket online dapat menikmati jalur khusus di pelabuhan dengan waktu “scan barcode” atau yang diterima setelah membayar tiket lebih singkat menuju kapal.

Selain itu data pemudik secara otomatis telah tercatat dalam manifes penumpang karena telah didaftarkan langsung saat proses online. Sejumlah syarat ketentuan online ticketing di antaranya masa berlaku tiket maksimal 12 jam setelah keberangkatan, dan waktu check in (masuk ke pelabuhan) mulai dibuka 3 jam sebelum keberangkatan.

Penerapan layanan penjualan tiket  secara online merupakan bentuk komitmen PT ASDP Indonesia Ferry dalam upaya meningatkan kualitas layanan jasa penyeberangan selama masa angkutan Lebaran 2017. “Harapan kami agar lebih fokus memberikan pelayanan kepada pengguna jasa kendaraan pribadi yang jumlahnya terus meningkat tiap tahun,” katanya.

Ia mengatakan, ASDP juga melayani loket penjualan  di luar area pelabuhan (boffer zona untuk layanan go-sho baik dijalur tol maupun non-tol. Untuk akses menuju pelabuhan Merak, lokasi buffer zone terbagi di titik yakni, lapangan Villa Perata Hijau, area KM 43 dan KM 6 Tol Tangerang-merak,Polsub Sektor Grogol-Merak,dan Hotel Mangku Putra-Merak.(*)