Proyek Rigid Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume

0
660
Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume

Bandarlampung ( Duta Lampung Online)- Pekerjaan sejumlah proyek rigid beton milik Dinas Pekerjaan Umum (PU), Provinsi Lampung, yang bersumber dari dana APBD Tahun2015/216, diduga berkulitas rendah atau tidak sesuai dengan aturan.

Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume
Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume

Pasalnya hasil pantauan yang dilakukan kru harian Duta Lampung Online disejumlah daerah proyek rigid beton diduga kuat pihak rekanan diduga kuat mengurangi volume banguan serta matrial.

Terbukti dengan hasil pantauan yang dilakukan tim Duta pekerjaan Tahun 2015 lalu, proyek rigit beton sudah banyak yang mengalami kerusakan. Seperti contohnya pembangunan rigid beton di Jalan Raden Gunawan, Bandar Lampung menuju Negri Saksti Pesawaran, saat ini proyek tersebut sudah hancur dan semen cor beton sudah berantakan.

Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi di Lamsel Diduga Kurangi Volume
Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi di Lamsel Diduga Kurangi Volume

Hal serupa terjadi pengerjaan proyek rigid beton Tahun 2016 ini, pihak rekanan juga lagi-lagi diduga kuat tidak mengutamakan kualitas mutu bangunan. Bahkan berdasarkan investigasi yang dialkukan media ini, pihak rekanan mengerjakan proyek tersebut diduga banyak yang mengurangi volume bangunan serta matrial.

Seperti pelaksanaan pekerjaan rigid beton jalan Dusun Pal Putih, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampungselatan dan pekerjaan rigid beton yang ada di jalan raya Kecamatan Waylima-Kedondong, Kabupaten Pesawaran.

Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume jalan rigit beton Pesawaran
Proyek Rigit Beton Dinas PU Provinsi Diduga Kurangi Volume jalan rigit beton Pesawaran

Seperti contohnya pengerjaan ruas jalan rigid beton di Dusun Pal Putih, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, dengan panjang 700 Meter, yang saat ini sedang dalam proses pembangunan pihak rekanan tidak memasang papan nama proyek, sehingga proyek tersebut terkesan tidak transfaran. Selain itu, jalan yang berlubang ditambal dengan base B coboy tidak diratakan dan dipadatkan terlebih dahulu.

Hasil pantuan juga lantai kerja beton rigid proyek tersebut, yang menggunakan mutu beton K-125 dengan tebal 10 cm di cor langsung diatas badan jalan dan langsung ditambal serta tidak melalui pemerataan terlebih dahulu.

Bahkan besi yang dipergunakan untuk rigid beton diduga tidak sesuai dengan ukuran yang berlaku dan terkesan terlihat sembarang, pengayaman balok besi yang ada di ring tepi rigid beton pun tidak tegak dan tidak terhubung secara kokoh anyaman tersebut, besi yang dipergunakan juga kecil-kecil dan yang besar hanya beberapa batang saja.

Sementara itu, pihak rekanan pemborong juga melakukan pembagian balok anyaman besi sisinya yang melintang arah jalan banyak tidak sama, setelah dilakukan pengukuran jarak volume balok tersebut antaranya yakni, 4 meter sampai dengan 4,7 meter.

Sejumlah masyarakat saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, kehawatiran akan kualitas dan mutu bangunan akan cepat rusak serta tidak tahan lama. besar6

“Kami hawatir jika pengerjaannya seperti itu, akan membuat mutu jalan yang berkonstruksikan beton rigid tidak kuat dan tidak tahan lama karena kualitas bangunan kami nilai tidak bermutu,”tegas salah satu warga yang enggan ditulis namanya.

Narasumber berharap kepada Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung, agar dapat segera menurunkan team pengawasan, sebab masih kata narasumber kehadiran pengawas di lapangan sangat diperlukan untuk mengawasi pekerjaan proyek yang sedang dikerjakan oleh para rekanan pemborong.

“Kami berharap kepada Dinas PU terkait agar turun kelapangan dan melakukan pengawasan ketat dalam pembangunan jalan rigit beton yang ada di desa kami. Sebab pengawasan tersebut sangat penting sekali agar kualitas bangunan bisa bermutu,”pungkasnya.

Ditemui secara terpisah pula, Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung, saat akan dimintai tanggapan terkait banyaknya permasalahn pekerjaan yang dilakukan dinas tersebut tidak ada ditempat. Menurut keterangan salah satu pegawainya kepala dinas sedang dinas luar daerah.(Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here