Polres Tulang Bawang dan Pemkab Bentuk Satgas Pengawasan Pangan

0
73
(foto isimewa)

Tulang Bawang(DLO)- bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang dan Pemkab Tulang Bawang Barat, Selasa (9/52017), menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Harga Bahan pangan/sembako menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H/2017, yang dilaksanakan bertempat di Aula Polres Tulang Bawang.

Dalam rapat yang dipimpin Kapolres Tulang Bawang AKBP Agus Wibowo.,SIK, tersebut, diantaranya hadir mewakili Bupati Tulang Bawang, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekdakab Dr., Drs. Untung Widodo, M.Si, bersama Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan unsur Pol.PP Tulang Bawang, serta sejumlah pejabat perwakilan Pemkab Tulang Bawang Barat terkait, dan pelaku usaha bahan pangan/sembako di Kabupaten Tulang Bawang maupun Tulang Bawang Barat. Selain itu juga hadir Kasi Pidsus Kejari Tulang Bawang dan perwakilan dari Kodim 0426/Tulang Bawang.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Agus Wibowo.,SIK, mengatakan, Polres Tulang Bawang bersama Pemkab Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat akan mengontrol dan mengawasi kenaikan harga bahan pangan/sembako menjelang ramadhan dan Idul Fitri.

“Jajaran polres bersama pemkab akan berlaku tegas terhadap pelanggaran yang terjadi di lapangan” tegas Kapolres.

Polres Tulang Bawang akan bekerjasama dengan dinas dan instansi terkait untuk menekan dan menstabilkan harga pangan di Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

“Diharapkan dengan terbentuknya Satgas Pengawasan Bahan pangan, kenaikan harga bahan pangan dan sembako tidak terlalu signifikan dan kebutuhan masyarakat yang tinggi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri dapat terpenuhi,” tandas Kapolres Tulang Bawang Agus Wibowo.

Polres Tulang Bawang juga mengingatkan kepada para pedagang, agar tidak melakukan pemalsuan dan penimbunan bahan pangan dan sembako, yang dapat menimbulkan lonjakan harga di pasaran. Karena apabila hal ini nanti terjadi, maka pihak kepolisian akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

Pembentukan Satgas Pengawasan Pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini, juga menindaklanjuti dari hasil koordinasi Kapolri bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Ketua KPPU, Kapolda, Kapolres se-Indonesia dan beberapa bupati dan wali kota, yang menyepakati tentang pembentukan Satgas Pangan dari pusat hingga daerah, untuk menstabilkan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.(pmd)