Polres Tuba Bekuk Tiga Orang Pelaku Pencuri Mesin Perahu

0
89
( foto Para Pelaku)

Tulang Bawang(DLO)- Satuan Reskrim Polres Tulang Bawang bersama Unit Reskrim Polsek Gedung Aji berhasil menangkap JI als R (25), BI (32) dan AJ als T (23) yang merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) mesin perahu etek di Pinggir Sungai Tulang Bawang Kp. Bangun Rejo Kec. Meraksa Aji Kab. Tulang Bawang.

“JI als R, BI dan AJ als T sama-sama berprofesi nelayan dan merupakan warga Kp. Bangun Rejo Kec. Meraksa Aji Kab. Tulang Bawang ditangkap oleh Satreskrim dan Unit Reskrim Polsek Gedung Aji Pada  hari Minggu (01/10)  pukul 02.30 WIB di rumah “, ungkap Kasat Reskrim AKP. Donny Kristian Bara’langi, SIK mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP. Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si. Senin (02/10).

Kasat Reskrim menjelaskan bahwa para pelaku ditangkap berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / 28 / IX / 2017 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Gala (28/9/2017) dengan korban Herman (57) berprofesi tani warga Kp. Bangun Rejo Kec. Meraksa Aji Kab. Tulang Bawang dengan kerugian mesin perahu etek.

Lanjut Kasat, saat dilakukan penangkapan terhadap pelaku JI als R dan BI, para pelaku melakukan perlawanan terhadap petugas dengan menggunakan badik dan berusaha melarikan diri. “Petugas memberikan tindakan tegas dan terukur pada bagian kaki para pelaku”, imbuhnya.

Ditambahkan AKP. Donny Kristian, menurut keterangan dari para pelaku bahwa mereka juga telah 3 kali melakukan aksi Curat sasaran sepeda motor dengan cara mencongkel pintu rumah korban di Kec. Meraksa Aji Kab. Tulang Bawang.

Pertama pada Tangal 4 july dengan Korban Sundari (35) berprofesi tani warga Kp. Paduan ,pada  tangal 8 dan 11 july mereka beraksi lagi dan berhasil membawa 2 sepeda motor , Kasat menerangkan bahwa dari tangan para pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa mesin perahu etek, baling-baling perahu, senjata tajam jenis pisau dan beberapa kunci untuk membuka mesin saat melakukan aksi pencurian.

“Diamankan dari pelaku berupa 2 unit mesin perahu etek, 1 buah baling-baling perahu, 1 bilah senjat tajam jenis pisau dan beberapa kunci untuk membuka mesin pada saat melakukan aksi pencurian”, ungkapnya.

Saat ini para pelaku telah diamankan di Mapolsek Gedung Aji untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya para pelaku akan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.(Red)