Polda Lampung Bongkar Peredaran Sparepart Motor Palsu Asal Tingkok

0
273
Foto: Istimewa

BANDARLAMPUNG (DLO) – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung mengungkap peredaran berbagai jenis sparepart atau suku cadang palsu untuk kendaraan bermotor yang berasal dari Tiongkok di wilayah Telukbetung, Bandar Lampung, Selasa (14/2/2017).

Kasubdit I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Lampung, AKBP Budiman Sulaksono mengatakan ini merupakan kasus pemalsuan merk dagang.

Budiman mengatakan kasus ini terungkap berdasarkan informasi dari masyarakat. Dalam kasus ini pihaknya menetapkan pemilik gudang di Telukbetung berinisial RJP (35), sebagai tersangka. Pihaknya menyita puluhan ribu unit (pcs) sparepart kendaraan bermotor merk Yamaha, Kawasaki, Honda dan Suzuki yang diduga palsu.

Menurut Budiman, sparepart itu berasal dari Tiongkok dalam bentuk bahan belum dikemas. Kemudian dikirim ke Jakarta untuk dikemas menggunakan kemasan merk dagang terkenal tersebut. “Kemudian sparepart itu didistribusikan ke Lampung melalui jalur darat,” kata Budiman saat ekspos di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I, Bandar Lampung, Selasa (14/2/2017) dilangsir dari Lampost.co.

Tersangka saat ini telah ditahan di rumah tahanan Polda Lampung untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Lp)