Polda Jabar: Laga Persib Sisa Grup C Piala Presiden Pindah ke Si Jalak Harupat Tanpa Penonton

0
45

Jawa Barat, (Duta Lampung Online) – Di dalam Stadion GBLA saat Persib jumpa Persebaya kelihatan tenang, tapi di luar stadion saat itu ratusan orang berdesak-desakan hingga dua orang bobotoh tewas terhimpit, kekurangan oksigen dan terinjak-injak.

Pihak Polresta Bandung sudah menerima surat rekomendasi izin dari Persib Bandung terkait pemindahan 2 laga sisa piala Presiden 2022 dari Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ke Stadion Si Jalak Harupat Soreang.

Kapolesta Bandung, Kombes. Pol. Kusworo Wibowo ketika dikonfirmasi Tim media Senin membenarkan pihaknya telah menerima surat rekomendasi izin agar Stadion Si Jalak Harupat yang ada di wilayah hukum Polresta Bandung digunakan untuk 2 laga sisa bapak penyisihan piala Presiden grup C.

“Surat rekomendasi izin agar stadion Si Jalak Harupat digunakan untuk 2 laga sisa grup C piala presiden telah kita terima. Kita belum memutuskan apakah diizinkan apa tidak karena, Senin (20/6/2022) hari ini pukul 10.00 akan dirapatkan,” kata Kusworo Wibowo

Ketika ditanya apakah Polresta Bandung mengizinkan dua laga sisa Bali United versus Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC tanpa penonton? Menurut Kusworo Wibowo pihaknya belum bisa memutuskan.

Diizinkan dan tidaknya di Stadion Si Jalak Harupat tanpa penonton nanti nunggu hasil rapat,ungkap Kusworo Wibowo.

Diberitakan, hingga saat ini, belum ada kesimpulan tentang izin pemakaian Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) baik dari Polda Jabar dan Polrestabes Bandung, maupun dari Panitia Pelaksana, termasuk dari kubu Persib Bandung sendiri. Apakah tetap di GBLA atau dipindah ke tempat lain?

Budi Bram Rachman selaku General Coordinator Panpel Persib, belum bisa menyatakan tentang nasib sisa laga Persib melawan Bhayangkara di Grup C Piala Presiden 2022.

Kabar terakhir, pihak Persib seperti dikatakan Budi Bram Minggu (19/6/2022), saat ini pihaknya telah mengajukan surat permohonan rekomendasi kepada pihak kepolisian agar dua laga sisa itu dipindahkan ke Stadion Si Jalak Harupat yang berada di Kabupaten Bandung Dua laga sisa ini, selain laga Persib versus Bhayangkara yang dijadwalkan bertanding Selasa 21 Juni 2022, juga laga Persebaya kontra Bali United yang akan berlangsung Senin, (20/6/2022).

Kepada wartawan Budi Bram menyebutkan, permohonan pindah stadion ini berdasarkan beberapa pertimbangan dari berbagai pihak. “Jadi ada wacana untuk di pindah ke Si Jalak Harupat. Untuk dua pertandingan ini kami baru mengajukan surat permohonan rekomendasi untuk main di Jalak,” kata Bram.

Namun hingga kini, Budi Bram mengaku masih belum menerima jawaban dan apa yang akan diputuskan kepolisian. Jadi nasib Persib vs Bhayangkara dan Persebaya vs Bali United, juga belum bisa ditentukan, apakah tetap di GBLA atau di Si Jalak Harupat.

Untuk itu, Persib dan Panpel kini tinggal menunggu jawaban dari kepolisian. Kepolisian pun seperti disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes.Pol. Ibrahim Tompo sampai saat ini belum menyimpulkan karena tim investigasi tengah bekerja di antaranya mengumpulkan data fakta dan para saksi.

Seperti Diketahui, dua orang bobotoh atau penonton Persib kontra Persebaya melayang jiwanya saat akan menonton di GBLA. Diduga keduanya korban di antara ratusan penonton yang berdesak-desakan di depan pintu masuk GBLA.

Diduga. saking berebut ingin masuk duluan, akibatnya terjadi desak-desakan dan dua korban Asep Solihin asal Cibaduyut Bandung dan Sofiana Yusuf asal Bogor tewas, diduga kehabisan oksigen lalu pingsan dan selanjutnya jatuh lalu terinjak-injak penonoin lainnya. (Asep dira)