Plt Walikota Tanjungbalai Menjadi Khatib Sholat Jum’at

0
34

Pelaksana tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib menjadi Khatib Sholat Jum’at di Masjid Al-Muttaqin, Jl Beting Seroja (Esdengki), Tanjungbalai, Jum’at (24/6).

Dalam khotbah pena berlian online Jum ‘at 24/Juni/2022singkatnya, Plt Walikota Waris menyampaikan Kesalehan Sosial yang menunjuk pada perilaku orang-orang yang sangat peduli dengan nilai-nilai islami, yang bersifat sosial.

Ia mengatakan banyak orang yang saleh secara individual, namun tidak atau kurang saleh secara sosial.

“Banyak yang tidak memiliki kepekaan sosial, dan kurang menerapkan nilai-nilai islami dalam kehidupan bermasyarakat. Bersikap santun pada orang lain, suka menolong, sangat peduli terhadap masalah-masalah jiran tetangga, memperhatikan menghargai hak sesama, mampu berpikir berdasarkan perspektif orang lain, mampu berempati, intinya merasakan apa yang dirasakan orang lain,” katanya.

Lebih lanjut Waris mengatakan secara jelas kesalehan tidak mencakup hubungan baik dengan Allah (hablum minallah) saja, melainkan hubungan baik dengan sesama manusia (hablum minan nas), dan hubungan baik dengan alam (hablum minal alam.

“Dalam Islam, sebenarnya corak-corak kesalehan itu merupakan suatu kemestian yang tak bisa ditawar. Semua harus dimiliki seorang Muslim, baik kesalehan individual maupun kesalehan sosial.

Kesalehan sangat tergantung pada tindakan nyata seseorang bahkan tida hanya berinteraksi dan bekerjasama dan bergaul dengan sesama, tapi prilakunya terhadap alam, baik hewan, tumbuh-tumbuhan. Agama mengajarkan “Udkhuluu fis silmi kaffah”, tutupnya.

Usai pelaksanaan Sholat Jum’at Plt Walikota Waris makan siang bersama di pelataran teras Masjid bersama jamaah. (Boby/Solihin)