PLN Lakukan Pemadaman Listrik Bergilir Selama Sebulan Penuh, Ini Penyebabnya

0
242
Pemadaman listrik (ilustrasi). | prokal.co

Bandarlampung (Duta Lampung Online) – Pelanggan PT PLN Distribusi Lampung harus banyak menyiapkan lilin dan menyiagakan generator set (genset). Sebab, provinsi ini akan mengalami pemadaman bergilir selama satu bulan penuh, terhitung 31 Agustus-30 September 2018.

Mati lampu itu terjadi pada beban puncak antara pukul 17.00-23.00 WIB dengan durasi dua sampai tiga jam per hari. Perusahaan plat merah tersebut menuding penyebabnya adalah kebakaran di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sebalang, Tarahan, Lampung Selatan, Kamis (23/8/2018).

Akibat amukan jago merah, beberapa peralatan PLTU Sebalang rusak parah. Salah satunya boiler, komponen utama untuk memanaskan air dalam pipa sehingga menghasilkan steam yang memutar poros turbin. “Jadi kalau (boiler) itu rusak, bagaimana ada pasokan listrik,” tegas salah satu teknisi PLTU Sebalang, Agung.

Menurutnya, pihak PLN akan berupaya secepatnya melakukan pemulihan sehingga pemenuhan energi listrik di Lampung kembali normal.
Terpisah, Plh. Deputi Manajer Hukum dan Humas Supervisor PLN Distribusi Lampung, Bernadus Hernawan Rahanto, enggan merincikan kerusakan.

Wawan, sapaan akrabnya, menerangkan tugasnya hanya memberikan informasi pemadaman bergilir untuk wilayah PLN Area Tanjungkarang, Metro, dan Kotabumi.”Itu bisa dilihat melalui Instagram @plndislampung. Kami juga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul,” tuturnya.

Meski demikian, dia mengakui kebakaran PLTU Sebalang menyebabkan berkurangnya pasokan listrik untuk Lampung. Sehingga, opsi pengurangan beban di beberapa lokasi dilakukan. (*)