Pesta Bualih Meriahkan HUT Way Kanan

0
0

Duta Lampung Online – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Waykanan menyelenggarakan pesta rakyat Bualih ke-11.
Kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Waykanan ini digelar di kolam kota yang terletak di depan rumah dinas bupati setempat, Rabu (17/4).

Bualih merupakan tradisi atau budaya masyarakat Waykanan dari zaman nenek moyang, yaitu menangkap ikan dengan tangan tanpa menggunakan alat. Bualih juga dijadikan sebagai agenda tahunan yang digelar Kabupaten Waykanan setiap kali memperingati HUT kabupaten setempat.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Bupati Raden Adipati Surya mengatakan, Bualih merupakan hiburan atau pesta rakyat yang perlu dilestarikan. Karenanya dalam pesta rakyat ini diharapkan masyarakat bisa bersenang-senang dengan menangkap ikan hanya dengan tangan tanpa pakai alat apapun.

Panitia menyediakan hadiah uang Rp100 ribu bagi peserta yang dapat menangkap satu dari 15 ekor ikan yang telah ditandai panitia.

Acara ini disambut antusias masyarakat. Ratusan warga dari Kecamatan Blambangan Umpu dan sekitarnya ikut terjun ke kolam kota. Suasana berlangsung meriah saat ratusan warga memenuhi kolam berukuran 10 x 30 meter. Panitia melepaskan 300 kg ikan sekitar dua jam sebelum pesta dimulai.

Menurut salah satu masyarakat Blambangan Umpu manan, peserta pesta kegiatan ini ditunggu-tunggu karena selain bisa memperoleh ikan secara gratis dan hadiah uang, juga ikut melestarikan tradis. (Maria).