Peringati Hari Menanam Pohon Bupati Ajak Warga Selamatkan Bumi

0
166

LAMBAR (Duta Lampung Online)- Sebagai upaya sederhana yang harus diambil oleh setiap orang dalam rangka ikut berpartisipasi dalam kegiatan menjaga udara kita, adalah dengan menanam pohon disekitar rumah kita masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Bupati lampung barat (Lambar) Drs. Hi. Mukhlis Basri, M.M., disela-sela penanaman pohon di Kebun Raya Liwa (KRL)  bersama seluruh jajaran Forkopimda Lambar dan dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, dalam rangka memperingati hari menanam pohon, pada Selasa (29/11/2016).

Kata dia, setiap tahun pada tanggal 28 November dilakukan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Lambar untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan.

”Pemerintah daerah terus mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim, yang paling sederhana adalah menanam di halaman rumah, dan kita anjurkan tanaman yang bermanfaat sdeperti buah-buahan,” kata Bupati.

Terusnya, keberadaan hutan sangat penting sebagai penyangga kehidupan manusia dan bumi yang perlu dilindungi, dikonservasi, dimanfaatkan dan direboisasi untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

”Kegiatan hari ini adalah kegiatan awal, penanaman di Kebun Raya Liwa, selanjutnya kegiatan penanaman akan dilakukan bersama dengan masyarakat, dan melalui kesempatan ini saya mengajak masyarakat untuk sama-sama menyelematkan bumi dengan melakukan penanaman pohon,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Lambar Drs. Ahmad Hikami yang juag dikonfirmasi di sela-sela penanaman pohon di KRL mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai sarana edukasi dan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menyadari pentingnya menanam pohon untuk menghindari banjir, longsor dan menjaga ketersediaan air.

”Karena dengan menanam pohon lingkungan kita akan sehat, selain itu keuntungan lainnya sangat banyak dan itu untuk kita semua, sehingga mulailah menjaga lingkungan kita dengan menanam pohon,” kata Bupati.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Drs. Hi. Makmur Azhari, Kapolres Lambar AKBP Andy Kemala, S.Ik, M.M.,  Dandim 0422 Letkol INF Iskanda, S.H, M.Han., Kepala Kejari Liwa Alex Rahman, S.H, M.H., Kepala Pengadilan Agama Taufik,  serta seluruh kepala SKPD, dengan mengambil titik penanaman di gerbang utama KRL.(Iwan/Ismail)