Peringatan Hari Bumi, Komunitas Petala Tanam 1.000 Pohon

0
116
(foto istimewa)

 Duta Lampung Online(DLO)-Sebanyak 1.000 pohon ditanam di kawasan hutan register 19 Gunung Betung Pesawaran, untuk peringati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April.

Gerakan yang mengusung slogan ‘Selamatkan Gunung,Lestarikan Alam Lampung’ ini akan berlangsung hingga 23 April.

Gelaran ini merupakan upaya reboisasi yang dilakukan oleh Ragapala Lampung dengan bekerjasama Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Petala (Petualang Alam),Komunitas Gajah Liar dan Warga Register 19.

Menurut panitia acara, Muhammad Agung, penanaman 1000 pohon ini dilakukan di titik longsor Gunung Betung.

“Bibit yang digunakan dalam reboisasi ini ada dua macam yaitu tanaman jenis MPTS (Multi Purpose Tree Spesies) seperti duren, nangka, petai, pinang dan pala. Sedangkan jenis bibit kayu keras yang digunakan berupa bibit tanaman akasia,” ujar Agung, Minggu (23/4/2017).

Tanam pohon peringatan hari bumi
Tanam pohon peringatan hari bumi

Agung menambahkan, Pada moment hari bumi ini Ragapala Lampung mengajak masyarakat untuk gencar melakukan gerakan reboisasi, yang mana menanam pohon bukan berarti hanya memasukkan 5 cm batang bibit kedalam tanah saja.

“Tetapi juga mengajak warga sekitar kawasan hutan untuk memiliki rasa tanggung jawab menjaga serta memelihara bibit yang ditanam sampai tumbuh besar dan memiliki manfaat untuk alam sekitar,” ungkap Agung.

Setelah melakukan gerakan tanam 1000 pohon, Ragapala Lampung juga mengadakan agenda bakling atau bersih lingkungan sekitar air terjun dan jalur pendakian(*)