Pentingnya Wawasan Kebangsaan di era Digital

0
110

Pati, (Duta Lampung Online)- Kodim 0718, TekankanArti Pentingnya Internet vs Wawasan Kebangsaan , Pati ( Duta lampung Online ) – 16/6/2022 ,Bertempat di Aula Kodim 0718 Pati, diup 16/06/2022 telah dilaksanakan Giat Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah, dengan Tema Internet VS Wawasan Kebangsaan Serta Tantangan Bangsa di Era 4.0. Peserta terdiri dari Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Camat se Kabupaten Pati, seluruh Kapolsek Jajaran Polres Pati, seluruh Danramil Jajaran Kodim 0718 Pati.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0718, Letkol Inf. Catur Kurniawan, S.Ip, MM menegaskan “Pemanfaatan media sosial di era digital ini sangatlah perlu untuk menjaga ketahanan bangsa. Jangan sampai berita-berita palsu menghasut dan meruntuhkan ideologi kita, Pancasila. Hanya dengan menghancurkan ideologi Pancasila saja, Indonesia akan hancur. Untuk itu Pemkab, TNI Polri harus bersinergi kompak untuk menjaga kedaulatan NKRI”.

Narasumber, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Endah Murwaningrum menerangkan “Di balik Era Revolusi Industri 4.0 yang berbasis IoT (Internet of Things), media sosial atau ranah digital secara keseluruhan juga menyimpan potensi negatif. Banyak bentuk disinformasi dan tindakan kejahatan terjadi yang membahayakan NKRI, seperti kecanduan internet, hilangnya identitas bangsa, radikalisme, hate speech/ujaran kebencian dan hoaks yang bertebaran dimana-mana.”

Endah juga menyampaikan bahwa sangat penting untuk kita menggunakan internet sebagai sarana pemersatu bangsa, mengakses situs yang bernilai positif seperti untuk mencari ilmu, bersosialisasi dan komunikasi, menanamkan pada diri sendiri norma bangsa yang mencerminkan nilai Pancasila dan paham literasi digital. (Sholihul)