Bupati Tubabar Imbau Pengusaha Makanan Hormati Bulan Ramadan

0
168
Pengusaha Makanan Diimbau Hormati Bulan Ramadan

TUBA BARAT (Duta Lampung Online) – Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad memberikan himbauan kepada para pengusaha makanan, seperti restoran, warung makan, kedai kopi dan lain-lain supaya dapat menghormati kaum muslimin yang sedang menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadan ini, dengan menyesuaikan dalam membuka usahanya.

“Untuk sementara supaya membuka usahanya pada sore hari menjelang saat berbuka puasa, atau dengan memasang tirai atau hordeng pada sajian makanan sehingga tidak terlihat dari lalu lintas jalan raya. Upaya ini untuk menghormati saudara kita yang sedang berpuasa,” jelas Bupati.

Himbauan tersebut diatas disampaikan pada acara silaturahmi jajaran pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten yang diselenggarakan di rumah dinas Bupati, Jumat (3/6).

Menurut Umar, bagi umat Islam diharapkan untuk senantiasa melaksanakan ibadah-ibadah wajib dan menghidupkan ibadah-ibadah sunah lainnya sebagaimana yang dianjurkan dalam Agama Islam, selanjutnya diharapkan aktif menjaga kesucian suasana dan lingkungan dalam Bulan Ramadhan dengan menegakkan amar ma`ruf nahi munkar.

Bagi masyarakat umum, orang nomor satu di Tubaba itu juga menghimbau, untuk turut menghormati Bulan Suci Ramadhan tahun ini dan ibadah-ibadah yang sedang dijalankan umat Islam, yaitu dengan tidak makan minum, merokok dan sejenisnya pada siang hari di tempat-tempat terbuka. Begitu juga diharapkan untuk tidak membunyikan petasan (mercon) karena dapat menganggu kekhusyukan ibadah umat Islam selama bulan Suci Ramadhan tahun 2016 ini.

Bupati juga menghimbau kepada aparatur Pemerintah Tubaba, hendaknya pro aktif dalam menciptakan suasana kondusif bagi pelaksanaan ibadah kaum muslimin dengan mengawasi segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan dapat menganggu kekhusyukan kaum muslimin yang sedang melaksanakan ibadah Puasa.

Memberikan tindakan tegas tanpa pandang bulu bagi siapa saja yang merusak, menganggu ataupun melecehkan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan kaum muslimin di tahun ini, “Mudah-mudahan kita dapat terus mempertahankan rasa saling menghargai antar umat beragama dan dapat terus menjalankan aktivitas dengan baik dan menciptakan Tubaba yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Robin)