Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pesawaran Dikukuhkan

0
120

Pesawaran (Dutalampung Online)-Pengurus dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Pesawaran periode 2016-2021 ini menjadi tonggak meningkatnya kemitraan Pemerintah dengan segenap potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial umumnya, khususnya Karang Taruna Kabupaten Pesawaran dalam mewujudkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat.

Haltersebut dikatakan oleh Bupati Pesawaran, H. Dendi Ramadhona, ST., saat Pelantikan Pengurus dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Pesawaran, di GSG Pemkab setempat, pada Rabu (27/07/2016).

Menurut Dendi, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dan dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya, khususnya generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan.

“Sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), Karang Taruna yang bergerak dalam bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS), perlu untuk selalu meningkatkan kualitas kelembagaan, sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda secara lebih efektif dan efisien,”imbuhnya

Dendi menambahkan, dengan keseriusan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam membina Karang Taruna khususnya para pegiat sosial sosial masyarakat, tenaga kesejahteraan sosial Kecamatan dan para pendamping kegiatan sosial lainnya maupun yang bersifat organisasi sosial kemasyarakatan seperti panti-panti sosial, badan/lembaga koordinasi kegiatan kesejahteraan sosial, Taruna Siaga Bencana (TAGANA), dan Lembaga-lembaga lain yang bergerak di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial, telah diupayakan berbagai langkah kegiatan.

“Antara lain secara terprogram melakukan pembinaan teknis berupa pelatihan manajemen organisasi, bimbingan keterampilan, pemberian bantuan stimulan dalam bentuk pengembagan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) atau Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Bantuan hibah, serta bantuan rutin operasional tersebut, baik yang berasal dari Provinsi melalui bantuan Gubernur juga dari Pemerintah Kabupaten melalui Alokasi Dana Desa (ADD),”pungkasnya.(Maha Indra).