Pengukuhan Mabicab dan Pengurus Kwarcab Pramuka

0
307

WAY KANAN, (Duta Lampung Online) – Kamabicab Gerakan Pramuka Way Kanan Raden Adipati Surya mengukuhkan Majelis Pembina Cabang (Mabicab) dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Way Kanan yang berlasung di Gedung Serba Guna (GSG) setempat, Kamis (2/6).

Kamabicab Gerakan Pramuka Way Kanan, Raden Adipati Surya dalam sambutan pengukuhan menyambut baik kegiatan pengukuhan ini. Kepada Mabicab dan Pengurus Kwarcab Pramuka dan masyarakat umum untuk selalu tetap mencintai dan melestarikan Pramuka, karena banyak manfaatnya yang kita ambil dari kegiatan-kegiatan yang ada di Pramuka ini.

Anak muda sekarang kurang berminat terhadap kegiatan Pramuka karena sifatnya yang monoton, padahal banyak manfaat positifnya bagi generasi muda yang akan melanjutkan estapet pembangunan. Saya berharap kepada Mabicab dan Kwarcab Pramuka bukan merupakan keterpaksaan namun kesadaran dan atas kemauan sendiri menjadi pengurus Pramuka.

Kita perlu mengingat kembali bahwa lahirnya Gerakan Pramuka pada tahun 1961 lalu, yang menggabungkan lebih dari 60 organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia, sungguh merupakan suatu peristiwa sejarah yang amat mendasar dan monumental.

Dengan lahirnya Gerakan Pramuka tersebut, berarti cita-cita kita untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan antar warga dan masyarakat kepanduan di tanah air, yang sebenarnya telah dimiliki jauh sebelumnya, bahkan dapat dikatakan sejak awal munculnya gerakan kepanduan di Indonesia pada tahun 1912, akhirnya dapat diwujudkan.

Marilah melalui Gerakan Pramuka yang telah berhasil mempersatukan kaum muda Indonesia tersebut, kita melangkah lebih lanjut, berperan aktif meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat, masyarakat, bangsa dan negara. Marilah kita bekerja keras mewujudkan cita-cita kita bersama, menjadikan Gerakan Pramuka yang kita cintai ini, sebagai alat pemersatu serta perekat bangsa.

Melalui Gerakan Pramuka kita kembangkan potensi kaum muda dengan berbagai program untuk membentuk kepribadian, watak dan pekerti generasi muda yang mampu menjawab tantangan bangsa dan negara pada masa depan.

Karena kita sadari bersama, saat ini sebagian dari generasi muda kita, terjerumus dalam perilaku menyimpang dan dis-orientasi hidup. Sebagian lainnya terlibat dalam pergaulan bebas, atau berada dibawah pengaruh obat terlarang. (maria)