Pemprov Lampung Targetkan Infrastruktur Jangka Menengah 85%, Hingga Baik 2019

0
103
Foto Documen Duta Lampung Online.

Lampung (Duta Lampung Online)-Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan dalam kondisi baik hingga tahun 2019.

“Penanganan infrastruktur jalan dengan target tingkat kemantapan hingga tahun 2019 berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Lampung mencapai 85 persen,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Selasa,

Ia menyebutkan, hingga akhir tahun 2016 telah tercapai kurang lebih 70,02 persen. Total penanganan jalan pada tahun 2016 sepanjang 165,1 km, yaitu program pembangunan jalan sepanjang 100,8 km dan pemeliharaan berkala jalan sepanjang 64,3 km.

Menurutnya, untuk konektivitas dan peningkatan aksesibilitas wilayah, pada 2016 lalu dilaksanakan pembangunan 7 jembatan dan 3 di antaranya ada pada koridor 11 (ruas jalan Simpang Teluk Kiluan-Simpang Umbar-Putih Doh), yakni Jembatan Way Umbar, Jembatan Way Paku I dan 3), dan Jembatan Way Paku II.

“Dengan terbangun ketiga jembatan tersebut, maka konektivitas antara Bandarlampung dan Kota Agung, Tanggamus melalui lintas pesisir selatan akan terhubung,” katanya lagi.

Selanjutnya, jalan lintas pesisir selatan yang menghubungkan Bandarlampung dan Kota Agung akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional, mengingat pada tahun anggaran 2016 telah dilakukan feasibility studi (FS) dan penyusunan DED oleh P2JN.

Selain pembangunan 7 buah jembatan baru, Sutono menyebutkan pada 2016 juga terdapat program rehabilitasi jembatan sebanyak 27 buah.

“Total alokasi dana untuk penanganan jembatan baik pembangunan dan rehabilitasi sebesar Rp48,1 miliar,” katanya pula.   (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here