Pemprov Lampung Akan Bangun PLTS Terpusat di Dusun Siuncal Pulau Legundi

0
53

Bandarlampung (DUTA LAMPUNG ONLINE) – Pemprov Lampung melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Lampung tahun ini akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat sebesar 18 Kilowatt peak (Kwp)  yang akan menerangi 66 kepala keluarga (KK) di desa Pulau Legundi, dusun Siuncal, Pesawaran.

“Saat ini baru tahap selesai lelang,  teken kontrak seminggu yang lalu,” kata Kepala Dinas ESDM, Prihartono G Zain, Selasa (24/7/2018).

Ditambahkan Prihartono, pembangunan sarana dan prasarana energi baru terbarukan (EBT) PLTS bisa dilakukan jika dalam jangka waktu lima tahun daerah tersebut belum teraliri listrik oleh PLN. Sumber dana pembangunan PLTS ini melalui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3,1 miliar.

Sebelumnya,  masyarakat masih menggunakan genset pribadi  dan sewa bagi masyarakat yang mampu. Namun, di Pulau Legundi masih ada satu dusun Khairong yang belum menikmati listrik.

Nantinya, bantuan PLTS dari Pemprov Lampung akan diterima oleh kelompok masyarakat yang memiliki badan hukum/usaha, sehingga aset tersebut terorganisasi.

“Sejak 2017, penerima bantuan harus melalui badan usaha jadi dibolehkan iuran untuk biaya perawatan,  jadi segala pengelolaan baik perawatan atau hasil usaha itu desa yang mengelolanya,” paparnya.

Akan ada garansi inverter dan baterai selama 5 tahun, sedangkan panel surya bergaransi 20 tahun. Pabrikan PLTS berasal dari Surya Utama Putra.(kpt)