Pemkab Tubaba Gelontorkan Rp 119 Juta Bayar OTD Jemaah Calon Haji

0
38
Manasik Haji. foto ist

PANARAGAN (DUTA LAMPUNG ONLINE)- Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) membayar Ongkos Transit Daerah (OTD) Kabupaten bagi 215 Jamaah calon haji (JCH) asal Tubaba setempat yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 8 Agustus 2018 mendatang.  Sejumlah 215 JCH tersebut terdiri dari 108 laki-laki dan 103 perempuan dan 3 TPHD.

Mereka akan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 50 JKG Lampung bersama dengan JCH asal Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Mesuji.

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengatakan, pembayaran OTD dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemkab Tubaba kepada para jemaah calon haji

Dengan bantuan tersebut, Umar berarap dapat meringankan beban biaya yang dipikul para jamaah.

“Mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan ibadah, baik yang sunnah maupun yang wajib secara sempurna dan kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” kata Umar, Minggu (15/07).

Adapun dana OTD yang dibayarkan Pemkab Tubaba tahun ini berjumlah Rp 3,1 juta per orang. Dengan pembagian yang disubsidi Pemprov Lampung senilai Rp.790.803,00 dan subsidi Pemkab Tubaba senilai Rp.2.372.408,00.

“Dana OTD ini telah kami transfer ke Kasda Pemprov Lampung,” papar Umar.

Umar mengatakan, besaran OTD ini berdasarkan berita acara rapat penetapan besaran OTD yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Lampung beberapa waktu lalu.

Rapat tersebut dihadiri Asisten I Pemprov Lampung, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung,  Biro Sosial Setprov Lampung, dan pihak terkait 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“Untuk OTD ini kami persiapkan dana senilai Rp119 juta melalui dana APBD Murni tahun 2018. Karena keterbatasan anggaran tahun ini kami tidak memberikan uang saku untuk para JCH,” beber Umar. (trb)