Pemkab Pesibar Mengadakan Deklarasi SRA: Sekolah Wajib Menciptakan Suasana yang kondusif, Aman & Nyaman Disekolah

Pesisir Barat, (Duta Lampung Online) Kegiatan Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dibuka oleh Wakil Bupati Pesisir barat (Pesibar) A Zulkoini Syarief, di Gsg labuhan jukung, Selasa, (21/09/2021).

Terkait dengan hal ini ia menyampaikan, Sesuai dengan SK Bupati tentang SRA Nomor B/365/KPTS/IV.08/HK-PSB/2020 melalui SK tersebut, Pemkab Pesibar menyampaikan bahwa sekolah wajib menciptakan suasana yang kondusif sehingga anak merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya.

Lanjut ia menyampaikan, Semua anak berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan adil disekolah, tanpa memandang suku, ras, agama, pintar atau kurang pintar, kaya ataupun miskin, semua berhak mendapat perlakuan yang sama.

SRA menjamin serta memenuhi hak-hak anak untuk dihargai dan dilindungi dari kekerasan yang berkaitan dengan anak, tidak diskriminasi, Dilarang membully atau Perundungan, Semua anak punya hak untuk hidup aman dan nyaman.

Wabup menegaskan, Setiap Sekolah yang ada di Kabupaten Pesisir Barat Harus Siap melaksanakan poin-poin yang tertera dalam SRA, Suasana disekolah harus ramah anak serta mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman, ungkapnya tegas.

Kedepannya diharapkan, anak-anak mampu merubah prilakunya kearah yang lebih baik, meninggalkan kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, sekolah, maupun masyarakat banyak.

Dengan demikian Kabupaten Layak Anak dan Sekolah Ramah Anak Bukan hanya sebagai status saja, namun harus terwujud dalam pemenuhan hak hak anak, semoga kedepannya Kabupaten Pesisir Barat bisa kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak di tingkat yang lebih tinggi lagi.

Wakil Bupati Pesisir Barat berharap dengan poin-poin yang tertera dalam SRA akan dapat meningkatkan kualitas disekolah menjadi lebih baik lagi. Dan yang tidak kalah penting nya orang dewasa harus memberikan contoh dan tauladan yang baik untuk anak, tandasnya.
.
Turut hadir mendampingi, Kadis PPPA Nurkemala, Plt. Kadis Pendidikan Sudibyo, Fasilitator SRA Nasional Ahmad Ashari, Bekti Prastyani. Dihadiri juga oleh Kemenag Kab. Pesibar, Perwakilan OPD, Para Kepala Sekolah, Dewan Guru serta Tamu Undangan Peserta SRA.

(jokson).