Pemkab Lampung Timur Terapkan PBB Online

0
190

LAMPUNG TIMUR – Duta Lampung Online (DLO) – Hingga semester pertama tahun 2016, realisasi penerimaan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Lampung Timur hanya mencapai Rp3.885.806.595.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menjelaskan, tahun 2016 ini penerimaan dari PBB ditargetkan Rp9 miliar. Namun, baru tercapai 42 persen dari target. Padahal, rencananya target penerimaan PBB untuk tahun 2016 akan dinaikkan menjadi Rp10,124 miliar.

“Penambahan target penerimaan PBB akan diusulkan melalui perubahan APBD 2016,”jelas Chusnunia saat menggelar rapat koordinasi dengan para camat sekaligus peluncuran program pembayaran PBB secara online di aula Sekertariat Kabupaten Lamtim, seperti dilansir radarlampung.co.id, Selasa (14/6).

Dilanjutkan, agar target PBB tersebut dapat tercapai maka Pemkab Lamtim telah menjalin kerjasama dengan perbankan untuk pembayaran secara online. Dengan sistem online wajib pajak dapat melakukan pembayaran melalui bank atau melalui ATM serta mobile banking. Selain itu, dengan sistem online dapat memudahkan pemantauan siapa wajib pajak yang belum membayar PBB.

Ditambahkan, melalui pembayaran PBB secara online akan memudahkan wajib pajak. Selain itu, pembayaran secara online menghindari terjadi kemacetan setoran yang selama ini kerap terjadi akibat kelalaian pemungut pajak di bawah.

“Kendala setoran pajak selama ini banyak yang tidak langsung disetorkan setelan uang PBB terkumpul sehingga terjadi tunggakan,” terang Chusnunia, (wid/adi), (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here