Pemkab Lambar Gelar Upacara Berbagai Peringatan Dan Undian Umroh Gratis

0
139

LAMBAR (Duta Lampung Online)– Upacara Paripurna Memperingati HUT Korpri Ke-45 Sekaligus Peringatan Hari Guru Nasional, HUT PGRI, Hari Kesehatan Nasional, Hari Menanam Pohon Indonesia, Dan Hari Cinta Puspa Dan Satwa Nasional Tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2016, yang di laksanakan di Lapangan Pemkab Lampung Barat Selasa (29/11/2016)

Acara d hadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat, Anggota Forkopimda Kab. Lampung Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Beserta Para Asisten Dan Staf Ahli Bupati ,Para Kepala SKPD Di Lingkungan Pemerintah Kab. Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Dan Ketua Organisasi Wanita Lainnya Se-Kab. Lampung Barat, Pimpinan BUMN/BUMD Di Kabupaten Lampung Barat, Serta Pejabat Eselon III Dan Perwira Dari Lingkungan TNI Maupun Polri Maupun PGRI.

Pada upacara tersebut bertindak sebagai insfektur upacara Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri, Komando Upacara Kabag Ekonomi Setdakab Lambar Ronggur S.Ip. M.Si. ,dan perwira Upacara Kepala Dinas Kesehatan Akmal Abdul Nasir.

Dalam sambutanya insfektur upacara Drs Mukhlis Basri menyampaikan selamat memperingati hari jadinya yang ke-45 kepada keluarga besar korps pegawai republik indonesia (korpri). Sejak didirikannya pada tanggal 29 november 1971, korpri telah menunjukkan peran dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. sebagai organisasi yang mewadahi para aparatur sipil negara, korpri telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang.

Sesuai dengan tema HUT ke-45 korpri tahun ini yaitu “bersama korpri meneguhkan netralitas dan meningkatkan profesionalisme aparatur sipil negara”. Untuk itu saya menghimbau agar seluruh anggota korpri dapat menjalankan fungsinya dengan baik sesuai kapasitasnya selaku anggota korpri sebagai abdi negara dan abdi bangsa Pada peringatan hut ke-45 tahun 2016 ini, korpri kabupaten lampung barat akan memberikan bantuan sosial atas musibah bencana yang dialami oleh masyarakat di kecamatan bandar negeri suoh. Bantuan diberikan terhadap 3 rumah dalam kondisi rusak berat dan 12 rumah dalam kondisi rusak sedang. semoga bantuan yang diberikan oleh korpri kabupaten Lambar dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah.

Kemudian pada kesempatan ini juga saya menyampaikan selamat hari guru nasional kepada para ibu/bapak guru di kabupaten Lambar. Seiring dengan peringatan hari guru ini, atas nama pemerintah Kabupaten Lambar, saya menyampaikan apresiasi kepada ibu dan bapak guru semua yang telah mengemban tugas mulia serta mengabdi dengan hati dan sepenuh hati. izinkan saya menyampaikan rasa hormat, rasa terima kasih, dan rasa bangga atas pengabdian ibu dan bapak sekalian.

“Menjadi guru bukanlah pengorbanan, melainkan sebuah kehormatan. ibu dan bapak guru telah memilih jalan terhormat, memilih hadir bersama anak-anak kita, bersama pemilih masa depan kabupaten lampung barat ini khususnya dan pemilih indonesia pada umumnya. saya ingin menggaris bawahi bahwa persiapan masa depan bangsa dan negara indonesia ini dititipkan pada ibu dan bapak guru”, Ungkapnya.

Selanjutnya, bertepatan dengan hari guru nasional kita juga memperingati HUT PGRI ke-71 tahun 2016. melalui peringatan ini pgri diharapkan mampu meningkatkan eksistensinya, pgri harus selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan guru profesional, sejahtera, dan bermartabat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui karya-karya tenaga pendidik. hal ini sejalan dengan tema peringatan hari ulang tahun ke-71 pgri adalah “guru dan tenaga kependidikan mulia karena karya” . sekali lagi saya sampaikan selamat hari guru nasional dan hut ke-71 pgri kepada para guru di kabupaten lampung barat selamat meneruskan pengabdian mulia, dan selamat menginspirasi.

Selain itu kita juga memperingati hari kesehatan nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 nopember.  pada kesempatan yang baik ini izinkan saya mengucapkan selamat hari kesehatan nasional ke-52 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh elemen masyarakat. di Era 2014-2019 presiden RI menggagas gerakan revolusi mental dan menetapkan 9 agenda prioritas yang disebut “nawa cita”. melalaui nawa cita butir ke-5 kementerian kesehatan berkomitmen untuk mewujudkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan, maka prioritas pembangunan kesehatan melalaui indonesia sehat dengan 3 (tiga) pilar yaitu : paradigma sehat,  penguatan pelayanan kesehatan, dan jaminan kesehatan nasional.

tema peringatan HKN ke-52 tahun ini adalah “indonesia cinta sehat: masyarakat hidup sehat, indonesia kuat”.  untuk itu peringatan hkn ke-52 ini tentu merupakan komitmen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan. semangat melayani, menggerakkan, mampu menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional.

Sementara peringatan hari menanam pohon indonesia (HMPI) tahun ini merupakan peringatan HMPI yang ke-9 (sembilan. peringatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi hutan dan lahan seluruh indonesia.

Melalui peringatan hari menanam pohon indonesia (HMPI) saya mengajak seluruh masyarakat lampung barat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan merehabilitasi hutan lahan untuk membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku industri kehutanan dan menyerap karbondioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

selanjutnya  pada kesempatan hari menanam pohon indonesia hal yang tidak kalah pentingnya dengan kegiatan terkait adalah peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional tahun 2016 yang mengambil tema “ayo selamatkan puspa dan satwa sebagai penyangga kehidupan”. tema ini diangkat bertujuan untuk mengingatkan kita semua akan perlunya melestarikan puspa dan satwa, melestarikan puspa dan satwa berarti menjaga keanekaragaman hayati. puspa dan satwa  sebagai bagian dari keanekaragaman hayati merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia serta penjaga keseimbangan ekosistem.

Hari cinta puspa dan satwa nasional yang dilaksanakan setiap tahun merupakan momen untuk membangun kesadaran dan membentuk kecintaan masyarakat indonesia pada puspa dan satwa indonesia. momen ini akan terus dikampanyekan kepada masyarakat agar masyarakat dapat ikut serta menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di indonesia. “Saya juga berharap agar warga masyarakat menyambut dan mendukung dengan kesadaran tinggi untuk meningkatkan dan memupuk rasa cintanya terhadap puspa dan satwa untuk mewujudkan pelestarian keanekaragaman hayati di bumi beguai jejama sai betik ini”, Tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lambar bersama dengan beberapa SKPD melakukan pegundian Umroh Gratis dan Wisata Rohani kepada ASN Pemkab Lambar adapun beberapa ASN yang beruntung dalam undian tersebut adalah dari Kecamatan Batu Brak an Saiful, kecamatan Kebun Tebu An Ahmad Mawardi SP, dari SDN Tri Mekar Jaya an Fauzi SPd, SDN 1 Puralaksana An alis Gultom SPd, SDN 3 Buay Nyerupa Kecamatan SUkau an Dahyani dan wisata Rohani dari Dinas Perikanan.

Kemudian setelah melaksanakan Upacara berbagai peringatan Bupati Lampung Barat Bersama dengan SKPD Kabupaten Lambar menuju ke Area Kebun Raya Liwa (KRL) Untuk Menanam Pohon dalam Rangka Hari Menanam Pohon Nasional dengan tujuan agar dapat meliharaan pohon secara berkelanjutan merehabilitasi hutan lahan untuk membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku industri kehutanan dan menyerap karbondioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.(Ismail/Iwan)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY