Pemkab Lambar Berikan Bantuan kepada IKM di Hotel Sahabat Utama

0
98
( foto istimewa)

Lampung Barat(DLO)-  Pemkab Lampung Barat mengadakan pelatihan Olahan Pangan Berbasis Hortikultura dan Desain Pembuatan Kain Batik, sekaligus menyerahkan bantuan peralatan Mesin Industri Kecil Menengah (IKM)  kepada masyarakat di Hotel Sahabat Utama Pekon Gunung Sugih, Balikbukit, Lampung Barat, Senin, 28 April 2017.

Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kerampilan agar peserta mengetahui keanekaragaman konsumsi pangan berbasis hortikultura dan desain pembuatan kain batik sehingga nantinya tercipta suatu usaha kecil menengah yang dikelola oleh kelompok.

“Saya berharap peserta bisa lebih banyak lagi memanfaatkan hasil tanaman hortikultura di sekitar kita seperti ubi jalar, ubi kayu dan lainnya untuk di buat berbagai inovasi olahan pangan. Begitu juga dengan pelatihan desain pembuatan kain batik, bukan hanya salah satu cara pembuatan bahan pakaian tetapi batik bisa mengacu pada teknik pewarnaan kain,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Koprasi UKM, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Lambar Amirian, mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku IKM dan masyarakat untuk menumbuhkembangkan kemampuan IKM di Kabupaten Lambar dalam mengelola sumberdaya alam dan keterampilan yang lebih baik.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari (28-30 Agustus 2017) dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang peserta pelatihan olahan pangan berbasis holtikultura dan pelatihan desain dan pembuatan kain batik berjumlah 15 orang serta penerima  bantuan mesin-mesin IKM tahun 2017 sebanyak 20 orang,” kata dia(wan)