Pembukaan Palas Fair 2024, Bupati Nanang : Manfaatkan ini Sebagai Ajang Promosi dan Pengembangan Potensi Ekonomi, Seni dan Budaya Desa

0
3

Lampung Selatan, (Duta Lampung Online) – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, sebut gelaran Kecamatan Fair merupakan ajang promosi bagi produk-produk UMKM dan juga upaya stimulan untuk pengembangan potensi ekonomi pedesaan.

“Dengan digelarnya Palas Fair ini, bisa kita jadikan sebagai ajang promosi untuk produk-produk UMKM setempat. Dan juga sebagai momen untuk memacu peningkatan potensi-potensi ekonomi lainnya di desa. Baik itu peningkatan kapasitas maupun kualitas,” ujar Bupati Nanang Ermanto dalam sambutannya pada acara pembukaan Palas Fair di Lapangan Alun-alun Desa Palas Aji, kecamatan setempat, Selasa (16/1/2024).

Dalam kegiatan tahunan yang mengambil tema “Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Seni Budaya untuk Kecamatan Palas Maju” itu, Bupati Nanang juga mengakui, jika begitu banyak potensi yang dapat dikembangkan di kecamatan yang dikenal sebagai daerah produsen beras itu.

“UMKM di Palas sudah terkelola sangat baik, bahkan sudah berkembang dan memiliki kelompok-kelompok pelaku UMKM di setiap desa.Tidak hanya itu, kekayaan seni dan budaya yang dimiliki pun sangat beragam sehingga menambah kekayaan khasanah budaya. Dan hal ini merupakan modal penting sebagai salah satu potensi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi setempat,” imbuhnya.

Di samping itu, Bupati Nanang terlihat sangat tertegun bahkan tak ragu mengungkapkan apresiasinya atas kemeriahan acara pembukaan Palas Fair 2024 ini. Dalam aksi panggungnya menampilkan beragam aksi seni budaya yang nampak padu dan ciamik saat dikolaborasikan dengan seni modern kekinian.

Sementara, Camat Palas, Ns Rosalina mengatakan, jika kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dalam menjalankan arahan pimpinan, sebagai upaya meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat bagi pelaku UMKM dan IKM, juga sebagai bentuk perwujudan dalam menjaga kekayaan adat dan budaya.

“Palas Fair 2024 ini menjadi komitmen kita semua dalam melakukan upaya peningkatan pendapatan masyarakat melalui UMKM, IKM, dan juga pelestarian seni dan budaya. Setelah melihat keberhasilan pada gelaran Palas Fair di Bulan Agustus 2023, menjadi motivasi kami untuk membangkitkan potensi-potensi yang ada di Kecamatan Palas ini,” terang Rosalina.

Tidak hanya itu, Rosalina juga berharap, jika gelaran Palas Fair ini benar-benar dapat dinikmati masyarakat dan menjadikan kegiatan ini sebagai bentuk meningkatkan branding UMKM, IKM, serta seni dan budaya hingga mampu bersaing baik di kabupaten, provinsi, dan juga nasional.

Muhammad Rizki (35), salah satu pengunjung Palas Fair menyampaikan, pembukaan Palas Fair ini dikonsep dengan sangat luar biasa meriahnya. Ia mengaku, jika pada malam ini merasakan atmosfer keberagaman yang sangat menyatu dalam balutan seni budaya.

“Luar biasa sekali pembukaan Palas Fair malam ini. Tadi kita saksikan di awal, sebelum dibuka oleh bupati terdapat penampilan seni dan budaya yang sangat beragam. Jadi, hal ini sesuai bahwa Palas sendiri menjadi kecamatan dengan latar kebudayaan masyarakat yang berbeda-beda dan menunjukkan bahwa Palas kaya akan kebudayan masyarakatnya,” terangnya. (Abd/Ws)