PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH KOTORAN KAMBING DI DESA PEKIRINGAN

0
53

Jawa Tengah, (Duta Lampung Online) – Pelatihan pengolahan limbah kotoran kambing menjadi pupuk organik padat dan Pupuk organik cair diadakan di Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah  yang diikuti lebih kurang 30 peserta termasuk dari unsur BPD Kelompok Peternak Komunal,Karang Taruna, KPMD, IBUPKK dan warga RT 04/01,hadir pula Sasmito dari team penyuluh petani UPTD Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah di hari Kamis, (23/6/2022)

Pelatihan penggunaan pupuk organik ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pekiringan Achmad Jazuli As. Ketika ditemui team dari media DLO ditempat pelatihan, Achmad Jazuli As sempat memberikan paparan seputar pengolahan limbah dari kotoran kambing dan teknis pembuatan pupuk organik yang terbagi dua volume yakni Pupuk Organik Cair (POC) dan Pupuk organik Padat (POP).

T”eknis pengolahan POC mengunakan tabung dari plastik yang sudah difemermentasikan dengan mp4 dengan tujuan untuk mengurai bakteri dan mempercepat proses pencairan kotoran kambing,cara ini memakan waktu sekitar 15 hari agar limbah kotoran kambing ini menjadi cair.untuk pengolahan pupuk organik padat prosesnya sama hanya limbah kotoran kambing dicampur sama sekam padi,daun dan difermentasi dengan mp4.” pungkas Achmad Jazuli As ketika diwawancarai team media DLO Tegal.

Pengolahan limbah yang berasal dari kotoran kambing ini mendapat sambutan dan antusias dari warga setempat serta dukungan dari kelompok ibu-ibu PKK.

Dana teknis dari pengolahan limbah kotoran kambing ini diambil dari Dana Desa Ketahanan Pangan dan hasil dari pengolahan ini untuk sementara digunakan sendiri sebagai bahan uji coba prngolahan limbah yang berasal dari kotoran kambing ini papar Fernando salah satu perangkat desa yang ditemui di kantor kepala desa Pekiringan kab Tegal Jawa Tengah. (Lani S)