PANGDAM II/SRIWIJAYA Hadiri Seminar Nasional TNI AD 2022 Di Bandung

0
30

Palembang, (Pendam II/Sriwijaya).
“DUTA LAMPUNG ONLINE SUMATRA SELATAN”

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi menghadiri Seminar Nasional TNI AD 2022, yang diselenggarakan di Gedung Prof. Satrio, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Jalan Gatot Soebroto 96 Bandung, Jawa Barat.

Seminar yang dihelat TNI AD selama dua hari, mulai tanggal 27 s.d 28 Juni 2022 ini dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah, “Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat Dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini dan Masa Depan”.

Tujuan utama digelarnya seminar ini ialah untuk menyelaraskan doktrin operasi militer di Angkatan Darat sebagai doktrin turunan dengan doktrin induknya, yaitu doktrin Kartika Eka Paksi (KEP), yang telah mengalami revisi pada akhir tahun 2020 lalu.

Revisi yang dilakukan pada doktrin KEP didasarkan pada perkembangan era globalisasi dan tantangan tugas saat ini dan di masa yang akan datang.

TNI AD mengundang banyak kalangan untuk terlibat dalam seminar ini, diantaranya para pejabat Kemhan, Mabes TNI, Mabesad, para Pangkotama, para Komandan/Gubernur/Kabalakpus TNI AD, para Danpussen Kodiklatad, para akademisi dan praktisi, serta wartawan media massa, baik cetak maupun elektronik.

Beberapa makalah atau materi yang mengisi Seminar Nasional TNI AD 2022, diantaranya makalah utama dari Kasad, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang bertajuk “TNI Angkatan Darat, Masa Kini dan Masa Depan”, makalah dari Menhan RI berjudul “Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) Dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini dan Masa Depan”, dan makalah dari Gubernur Lemhanas RI berjudul “Transformasi Perang Darat dan Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat”.

Dari Kodam II/Swj sendiri, Seminar TNI AD 2022 ini diikuti secara virtual oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Izak Pangemanan beserta sejumlah pejabat Kodam II/Swj di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, serta diikuti juga oleh para Dansat di jajaran Kodam II/Swj bertempat di satuan masing-masing.

TTD
(Rudihartono)