Pairin Tinjau Sawah Langganan Banjir

0
9
Pairin Tinjau Sawah Langganan Banjir
Pairin Tinjau Sawah Langganan Banjir

METRO, (Duta Lampung) – Wali Kota Metro A. Pairin didampingi Wakil Wali Kota dan Kepala Dinas Pertanian Kota Metro, meninjau hamparan sawah yang berpotensi terendam banjir di Kelurahan Sumbersari dan Rejomulyo, Metro Selatan, Jumat (15/4).

Kepala Dinas Pertanian setempat Yeri Ehwan menjelaskan, hamparan sawah yang lokasinya berada pada bantaran sungai Way Sekampung pasti mengalami banjir setiap musim hujan tiba. Hal tersebut telah terjadi secara berulang, sehingga penanggulangannya harus segera dilakukan.

“Hamparan sawah yang lokasinya berada dibantaran sungai ini pasti mengalami kebanjiran, untuk itu butuh langkah konkrit, agar resiko kegagalan panen lebih luas tidak terjadi pada tahun-tahun mendatang,” kata Yeri saat kunjungan berlangsung.

Dia menjelaskan, bencana banjir yang terjadi di sekitar wilayah tersebut disebabkan terjadinya pendangkalan sungai. Tidak adanya normalisasi sungai selama ini, secara otomatis membuat sungai mengalami pendangkalan.

Untuk menuntaskan masalah tersebut, menurut Yeri, Dinas Pertanian Kota Metro telah meminta bantuan kepada Pemerintah Pusat. Yakni berupa pengajuan proposal untuk dapat melakukan normalisasi sungai Way Sekampung.

“Sungai Way Sekampung harus dinormalisasi, karena memang sudah cukup dangkal. Jika dibiarkan terlalu lama, maka hamparan sawah yang terendam banjir dapat bertambah luas,” ujarnya.(jmc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here